Kami Temukan Callink ketika Mencari Aplikasi Perpesanan Alternatif di Tengah Kisruh WhatsApp
Aplikasi Callink di ponsel dan laptop (Aditya/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Aturan privasi baru WhatsApp akan mulai berlaku pada 15 Mei mendatang. Kebijakan ini akan mengatur soal sharing data pengguna dengan Facebook.

Dalam pernyataan terbarunya, WhatsApp tidak jadi menonaktifkan akun yang tidak menerima aturan privasi baru. Namun, WhatsApp akan mengirimkan notifikasi update beberapa minggu setelah tenggat waktu 15 Mei.

Setelah itu pengguna akan mulai kehilangan beberapa fungsi di WhatsApp sampai mereka menerima update tersebut. Kebijakan privasi baru ini membuat banyak pengguna beralih dari WhatsApp.

Di saat bersamaan, banyak aplikasi perpesanan yang muncul dan bisa jadi alternatif bagi pengguna WhatsApp. Salah satunya Callink. 

Tangkapan layar Callink di Google Play Store

Callink merupakan aplikasi perpesanan instan yang komplit. Tidak hanya mengakomodir pesan singkat ala WhatsApp maupun Telegram, aplikasi karya anak bangsa ini memiliki sejumlah keunggulan, termasuk kemudahan komunikasi dalam pekerjaan tim.

Callink memungkinkan pengguna menyimpan dan mengakses semua pesan serta item pekerjaan berupa file-file dalam satu platform. Layanan ini juga memungkinkan pengguna Callink saling berinteraksi satu dan lainnya dengan mudah.

"All Your Work In One Chatting Application. Callink dibuat untuk mengakomodir kebutuhan pengguna profesional yang membutuhkan aplikasi perpesanan, sekaligus layanan Office yang bisa dikolaborasikan dengan mudah," kata developer Callink, Didik kepada VOI, Minggu, 9 Mei.

Didik menjelaskan, fitur-fitur yang dimiliki Callink bisa jadi nilai plus bagi pengguna. Callink juga memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan dalam opsi privat atau terbuka untuk publik.

"Bukan cuma aplikasi perpesanan, Callink juga mendukung cloud storage yang bisa diakses oleh penggunanya hingga 1 GB," imbuh Didik.

Kualitas panggilan suara dan video

Selayaknya aplikasi perpesanan kekinian, Callink juga mendukung fungsi video call maupun teleconference. Penggunaan fitur ini jadi sangat penting di masa pandemi saat ini. 

"Callink memberikan fitur perekaman video dan panggilan suara secara instan dengan kualitas yang lebih baik," tutur Didik.

Sebagai pembanding, WhatsApp Grup Call hanya dapat digunakan maksimal untuk delapan pengguna secara bersamaan. Fitur video call dari WhatsApp ini juga terbatas, tak sampai satu jam.

Tangkapan layar sharing platform Callink 

"Anda juga bisa melakukan video tatap muka secara pribadi atau bersama-sama dengan member di channel Anda. Layanan ini bisa diakses lewat aplikasi maupun tautan di web komputer," jelas Didik.

Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Melihat ulasan-ulasan di Play Store, Callink mendapat rating 4.9.

Rata-rata pengguna memberikan ulasan menarik. Aldrich Baravey, misalnya, yang mengatakan, "It's cool like Zoom Meeting."

Atau Gabriel Gradi yang menulis: Excellent.

Secara garis besar Callink bisa menjadi ultimate apps yang komplit dan mendukung kebutuhan penggunanya. Tak hanya dapat digunakan sebagai aplikasi perpesanan, Callink juga bisa menjadi alternatif Zoom dan Microsoft Teams.

"Callink bisa dikatakan sebagai the ultimate team work messenger, karena punya fitur-fitur lengkap dari berbagai layanan unggulan sehingga mudah digunakan masyarakat," ujar Didik.