Digugat, Niat IRS Kenakan Pajak untuk Token Kripto Baru
Lembaga pengumpul pajak IRS dinilai sewenang-wenang dalam mempajaki token baru. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Lembaga pengumpul pajak di Amerika Serikat (IRS/ Internal Revenue Service) kini terus memperluas aturan pajak agar sesuai dengan agenda mata uang kripto mereka. Sepanjang sejarah di AS sebenarnya , penciptaan murni menjadi peristiwa kena pajak

Namun, IRS berusaha untuk mengenakan pajak pada token baru sebagai pendapatan pada saat dibuat. Ini merupakan pelanggaran prinsip pajak tradisional dan bermasalah karena beberapa alasan.

Pada tahun 2014, IRS menyatakan bahwa kegiatan penambangan akan menghasilkan pendapatan kotor kena pajak. Penting untuk dicatat bahwa pemberitahuan IRS hanyalah panduan dan bukan hukum. IRS menyimpulkan bahwa penambangan adalah perdagangan atau bisnis dan nilai pasar dari koin yang ditambang langsung dikenakan pajak sebagai pendapatan biasa dan dikenakan pajak wirausaha (tambahan 15,3%). 

Gugatan yang baru atas rencana IRS itu sedang berlangsung di pengadilan federal di Tennessee. Penggugat Joshua Jarrett tengah mempertaruhkan di blockchain Tezos.  

IRS mengenakan pajak pada token Jarrett yang baru dibuat sebagai penghasilan kotor kena pajak berdasarkan nilai pasar wajar dari token Tezos yang baru. Pengacara Jarrett dengan tepat menunjukkan bahwa properti yang baru dibuat, bukanlah peristiwa kena pajak. 

Artinya, bahwa token Tezos yang baru dibuat hanya dikenakan pajak saat dijual atau ditukar. Jarrett mendapat dukungan dari Proof of Stake Alliance, dan IRS belum menjawab keluhan Jarrett.

Dalam sejarah pajak penghasilan Amerika Serikat, properti yang baru dibuat, tidak pernah menjadi penghasilan kena pajak. Jika seorang tukang roti memanggang kue, kue itu tidak dikenakan pajak ketika dikeluarkan dari oven. Akan tetapi roti itu dikenakan pajak ketika dijual di toko roti atau ke seseorang. 

Ketika seorang petani menanam tanaman baru, maka hal itu tidak dikenakan pajak ketika dipanen. Namun baru dikenakan pajak ketika dijual di pasar. Begitu pula ketika seorang pelukis melukis potret baru, itu tidak dikenakan pajak ketika selesai. Namun akan dikenakan pajak ketika dijual di galeri. Hal yang sama berlaku untuk token yang baru dibuat. Pada saat penciptaan, mereka tidak dikenakan pajak dan hanya dikenakan pajak ketika dijual atau ditukar.

Mata uang kripto baru dan ada banyak terminologi yang berkembang yang menyertainya. Meskipun menyebut blok token yang baru dibuat sebagai "hadiah" adalah hal biasa, maka hal itu keliru dan bisa menyesatkan. 

Menyebut sesuatu sebagai hadiah menunjukkan bahwa orang lain yang membayarnya dan membuatnya terdengar seperti penghasilan kena pajak. Pada kenyataannya, tidak ada yang membayar token baru kepada seorang staker. Sebaliknya, staking menghasilkan properti yang benar-benar baru.