Bocoran Terbaru Snapdragon 895 Bakal Rilis Akhir Tahun Ini
Qualcomm akan kembali meluncurkan seri terbaru dari Snapdragon 800 pada akhir tahun ini. (foto : Ilustrasi Photo Qualcomm)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini belum semua ponsel menggunakan prosesor Snapdragon 888. Namun terhembus kabar bahwa Qualcomm akan kembali meluncurkan seri terbaru dari Snapdragon 800 pada akhir tahun ini.

Gizmochina melaporkan, Selasa 6 Juli, Qualcomm sedang mengerjakan prosesor generasi berikutnya dari seri Snapdragon 800. Dikonfirmasi pula jika prosesor terbaru itu akan disebut Snapdragon 895.

Padahal belum lama ini, Qualcomm baru meluncurkan prosesor terbarunya Snapdragon 888+ di Mobile World Congress. Namun seorang leaker populer asal China, Ice Universe, mengklaim telah menemukan beberapa detail informasi tentang prosesor yang akan datang tersebut.

Prosesor terbaru dari seri snapdragon 800 yang biasa digunakan ponsel flagship itu, dikabarkan Ice Universe akan hadir dalam dua varian, yaitu 895 dan 895+. Ia mengungkapkan Snapdragon 895 dan 895+ akan menjadi prosesor dengan proses fabrikasi 4nm yang paling baru dan mutakhir.

Sedangkan, Snapdragon 895 yang memiliki nomor seri SM8450 ini, juga akan memiliki CPU Kryo 760, GPU Adreno 730, Spectra 680 ISP, dan modem Snapdragon X65 5G yang terintegrasi.

Informasi ini cukup menarik, pasalnya itu membuktikan bahwa Qualcomm cukup berani untuk pindah ke ukuran node yang lebih kecil pada prosesor besutannya. Tetapi, bukan berarti perusahaan akan meninggalkan fabrikasi 5nm.

Diungkapkan Ice Universe juga, Qualcomm akan menggandeng dua perusahaan lainnya untuk memproduksi prosesor terbarunya itu. Diklaim, ialah Samsung yang telah menandatangani kontrak dengan Qualcomm untuk memproduksi Snapdragon 895 yang kemungkinan hadir akhir tahun ini.

Sementara Snapdragon 895+ yang dikabarkan hadir pada pertengahan 2022 akan dikerjakan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Jika benar akan diproduksi oleh dua perusahaan berbeda, ini mungkin dapat menyiratkan variasi potensial yang menarik dalam struktur serta fungsi, antara Snapdragon 895 dan 895+.

Image Credit: Ilustrasi Photo Qualcomm