Apple Investasi Rp639 Miliar Buat Layar Gorilla Glass Baru untuk iPhone
Ilustrasi iPhone (Tylor Lastovich / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple kembali menyuntikkan dana senilai 45 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp639 miliar pada perusahaan pembuat pelindung layar Gorilla Glass yakni Corning Incorporated. Investasi ini dikabarkan untuk memproduksi layar baru bagi iPhone.

Dikutip dari The Verge, pabrikan ponsel tersebut memiliki tujuan untuk memperluas kapasitas produksi Corning di AS dan mendorong penelitian serta pengembangan ke dalam teknologi baru yang inovatif juga mendukung daya tahan dan masa pakai produk yang tahan lama.

Investasi tersebut berasal dari Dana Manufaktur Lanjutan Apple senilai 5 miliar dolar AS, yang didirikan pada tahun 2017 untuk berinvestasi dalam pekerjaan manufaktur dan infrastruktur di AS yang terkait dengan produk Apple seperti iPhone.

Sampai saat ini, Corning telah menerima 450 juta dari dana tersebut. Sedangkan dana yang masuk sebelumnya berperan dalam pengembangan perisai keramik, bahan layar baru yang membuat jajaran iPhone 12 lebih tahan jatuh daripada model iPhone sebelumnya.

"Bahan baru ini dimungkinkan oleh langkah kristalisasi suhu tinggi yang membentuk kristal nano di dalam matriks kaca. Kristal khusus tersebut disimpan cukup kecil sehingga bahannya transparan. Bahan yang dihasilkan membentuk Perisai Keramik revolusioner, yang digunakan Apple untuk membuat sampul depan baru yang ditampilkan pada iPhone dalam jajaran iPhone 12," ungkap Apple.

Sejak saat itu, Gorilla Glass disempurnakan agar lebih tahan lama, dan muncul tidak hanya di iPhone tetapi di banyak produk seluler lain seperti Samsung dan lainnya.

"Sebelum Ceramic Shield, kristal yang disematkan secara tradisional memengaruhi transparansi material, faktor penting untuk sampul depan iPhone karena begitu banyak fitur, termasuk layar, kamera, dan sensor untuk ID Wajah, membutuhkan kejernihan optik agar berfungsi," tambahnya.

Hubungan Apple dengan Corning terjadi saat peluncuran iPhone pertama, ketika perubahan menit terakhir pada produk itu sebelum peluncuran menggantikan layar plastik rawan goresan dengan jenis kaca anti gores baru yang disebut Gorilla Glass dari Corning.

Lebih lanjut, Apple belum mengatakan bagaimana Corning akan menggunakan investasi baru ini. Diketahui, Corning sedang mengerjakan bentuk baru dari kaca yang tahan lama dan dapat ditekuk, kemungkinan cocok untuk iPhone lipat masa depan.