Dianggap Terkuat, Ini Kelebihan Pelindung Layar Gorilla Glass Victus 2
Ilustrasi pelindung screen (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perusahaan Corning Incorporated mengeluarkan pelindung layar baru yang dinamakan dengan Gorilla Glass Victus 2. Selama ini pelindung layar tersebut memang dikenal memiliki kualitas yang baik. Lalu bagaimana dengan produk baru mereka?

Spesifikasi Gorilla Glass Victus 2

Seperti diketahui, pelindung layar ponsel biasanya digunakan untuk melindungi layar dari benturan, gesekan, atau kontak fisik lain yang berpotensi memicu kerusakan pada layar ponsel. Pelindung ini biasa digunakan di premium, yakni di layar Samsung Galaxy S23 yang bakal segera rilis.

Perusahaan Corning sendiri membocorkan keunggulan Gorilla Glass tipe Victus 2 miliknya. Pelindung tersebut digadang-gadang bisa melindungi ponsel dari permukaan yang tidak rata seperti beton. Gorilla Glass tipe Victus 2 disebut mampu melindungi layar saat ponsel jatuh di permukaan aspal atau beton.

Pelindung layar ini menggunakan komposisi kaca baru yang membuatnya sangat tangguh menghadapi benda yang berpermukaan kasar. Victus 2 ini memang disebut lebih tangguh dibanding Gorilla Glass Victus 1, yang kala itu diklaim mampu menahan kerusakan saat ponsel jatuh dari ketinggian 2 meter.

Gorilla Glass Victus 2 yang dirilis pada November 2022 ini dianggap yang terbaik di industri pelindung layar saat ini. Kaca yang jadi material Gorilla Glass Victus 2 diklaim sudah memenuhi Environmental Claim Validation. Gorilla Glass Victus 2 lebih ramah lingkungan karena 22 persen material kacanya dibuat dari bahan daur ulang.

Produk Gorilla Glass sendiri memang sudah dipakai di delapan miliar perangkat yang terdiri dari 45 merk lebih. Sedangkan Gorilla Glass Victus 2 disebut sebagai inovasi kaca pelindung paling kokoh di industri pelindung layar dan optik untuk produksemikonduktor.

Meski terlihat sempurna, bukan berarti Gorilla Glass Victus 2 tanpa kendala. Perusahaan Corning sempat khawatir produknya tidak berhasil karena ukuran smartphone saat ini lebih besar. Pasalnya saat ini tren smartphone yang ada di pasaran punya diagonal lebih besar hingga membuat perangkat lebih berat. Bahkan ponsel saat ini rata-rata lebih berat 10% hingga 15% dibanding ponsel 4 tahun silam.

Beratnya ponsel tersebut menimbulkan permasalah sendiri. Saat ponsel berat jatuh, maka dampak kerusakan yang akan ditimbulkan tentu lebih besar.

Tak berhenti sampai situ, masalah lain yang harus dihadapi Corning adalah goresan. Pelindung layar memang anti pecah, namun itu tidak cukup. Layar perangkat juga harus tahan goresan. Akan tetapi perusahaan telah menemukan keseimbangan antara kekuatan benturan saat ponsel jatuh dan saat ponsel tergores.

Seperti telah disinggung sebelumnya, Gorilla Glass Victus 2 rencananya akan dipakai di Galaxy S23, baik di sisi depan maupun belakang.

"Flagship smartphone Galaxy kami selanjutnya adalah perangkat pertama yang menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2, yang sekaligus menawarkan daya tahan lebih baik dan peningkatan dalam hal keberlanjutan," kata Executive Vice President and Chief Marketing Officer Samsung, Stephanie Choi.

Samsung sendiri akan menggelar perayaan Galaxy Unpacked di bulan Februari 2023. Meski demikian belum dapat diinformasikan kapan produk tersebut akan beredar di Indonesia.

Itulah informasi terkait Gorilla Glass Victus 2. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.