Oppo Ikut Jajal Bikin Mobil Pintar Otonom
Ilustrasi mobil otonom (Photo by JavyGo on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak sedikit pabrikan ponsel mulai melirik industri otomotif. Huawei bahkan, dikabarkan sedang mempersiapkan chipset untuk mobil otonom pertamanya.

Kini Oppo dilaporkan ikut merakit mobil buatannya sendiri. Mengutip laporan dari Xiuxiushai, CEO dan Founder Oppo, Tony Chen, ditunjuk untuk memimpin proyek otomotif pertama Oppo.

Chen dan timnya dikabarkan telah menghabiskan beberapa minggu terakhir untuk menyelidiki sumber daya, merekrut talent dari dalam industri, dan secara keseluruhan telah menguji kelayakan proyek perdana ini.

Namun, seseorang yang dekat dengan pejabat senior tersebut juga mengatakan bahwa perusahaan saat ini hanya melakukan investigasi dan diskusi mengenai pembuatan mobil dan belum diketahui kapan proyek itu akan segera dimulai.

"Bahkan dalam pembuatan mobil, kami akan fokus pada area di mana Oppo dapat bekerja dengan baik. Jika pembuat mobil tidak dapat membuat mobil yang bagus dan Oppo memiliki kekuatan, kami akan mencobanya di masa mendatang," ungkap Chen seperti dikutip dari Gizmochina.

Hal itu menunjukkan bahwa perusahaan smartphone asal China mungkin masih dalam diskusi internal, untuk memutuskan apakah akan membuat mobilnya sendiri atau memasuki industri mirip dengan Huawei, yakni menyediakan suku cadang mobil dan software tertentu untuk kendaraan listrik pintarnya. 

Menariknya, laporan tersebut menyatakan bahwa Chen telah bertemu dengan pemasok Tesla dan pembuat baterai CATL dalam dua minggu terakhir.

Begitupun Andy Wu, Vice President of software engineering Oppo, juga mengikuti wawancara untuk posisi yang terkait dengan autonomous driving. Dengan kata lain, perusahaan tampaknya sedang melihat perkembangan teknologi self-driving, terlepas dari apakah mereka membuat sendiri atau menawarkan jasanya kepada pembuat mobil lain.