Kolaborasi Mercedes-Benz dengan NVIDIA Buat Mobil Otonom Paling Canggih
Ilustrasi mobil konsep Mercedes-Benz (dok. The Verge)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan mobil asal Jerman, Mercedes-Benz mengumumkan kerja samanya bersama NVIDIA, untuk mengembangkan platform kendaraan pintar di masa depan. Nantinya, mobil next-gen Mercedes-Benz akan dilengkapi perangkat pintar yang bisa di-update layaknya smartphone.

Mengutip The Verge, Mercedes memang sejak lama ingin mengembangkan kendaraan dengan fungsi mengemudi otonom. Platform baru ini akan menggunakan konstruksi chipset Nvidia Drive AGX Orin yang telah diperkenalkan NVIDIA pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2019.

“Kami sangat senang bekerja dengan Mercedes-Benz. Ini adalah mitra yang sempurna bagi kami mengingat catatan panjang inovasi dan hubungan teknis kami yang kuat. Jelas dari diskusi ekstensif kami dengan Mercedes, kami memiliki visi yang sama tentang mobil masa depan," ungkap pendiri dan CEO NVIDIA, Jensen Huang.

Modul baru NVIDIA ini memungkinkan Mercedes dapat mengupgrade perangkat lunak mobil layaknya memperbarui smartphone. Teknologi ini juga meliputi driver assist system  yang dimiliki Tesla atau fitur driverless parking di mobil Cadillac.

Selain mudah diperbarui, perangkat lunak yang dikembangkan NVIDIA juga menunjang fungsi kendaraan otonom. "Bersama-sama, kita akan merevolusi pengalaman mengemudi yang dapat diperbarui dengan mudah," lanjut Huang.

Kemitraan baru ini mengikuti langkah Daimler AG, induk perusahaan Mercedes-Benz yang pada minggu lalu, menghentikan program kemitraannya dengan BMW dalam mengembangkan teknologi kendaraan otonom. 

Sejauh ini Mercedes telah menjual 2,39 juta mobil di seluruh dunia pada tahun 2019. Rencananya kerja sama Mercedes dengan NVIDIA dalam mengembangkan teknologi mobil pintar ini akan berlangsung selama lima tahun.