Telkomsel Kembali Suntik Rp4,4 Triliun Dana Segar untuk Gojek
Kolaborasi Gojek dan Telkomsel (dok. Gojek Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Telkomsel menyuntikkan dana segar senilai 300 juta dolar AS atau setara Rp4,4 triliun sebagai bentuk investasi. Tambahan dana ini diharapkan dapat menghadirkan lebih banyak kolaborasi inovatif, baik di Gojek maupun Telkomsel.

Dengan tambahan investasi tersebut, Telkomsel dan Gojek akan membuka lebih banyak peluang sinergi serta integrasi layanan digital untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan, masyarakat, dan seluruh mitra yang berada di ekosistem bisnis kedua perusahaan.

"Investasi lanjutan dari Telkomsel menjadi penegas akan kesamaan visi dari kedua perusahaan yang sama-sama lahir dan berkembang untuk menjawab masalah nyata di tengah masyarakat melalui inovasi digital dan teknologi,  dengan semangat untuk melayani dan memajukan negeri," ungkap Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Setyanto menjelaskan, aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi Telkomsel dalam memperkuat trifecta bisnis digital perusahaan, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Services. Ini merupakan strategis lanjutan ini yang didukung para pemegang saham Telkomsel yaitu Telkom Indonesia dan Singtel Group.

Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo lebih lanjut menambahkan, pendanaan lanjutan Telkomsel akan mengoptimalkan sumber daya dan keahlian teknologi dari masing-masing perusahaan untuk berinovasi dan memperluas manfaat ekonomi digital bagi lebih banyak konsumen, mitra driver, dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

"Kami percaya sekaligus berkomitmen bahwa kemitraan ini akan mendukung percepatan transformasi digital Indonesia yang akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin pasar ekonomi digital di Asia Tenggara," kata Andre. 

Ini merupakan investasi lanjutan setelah Telkomsel menanamkan 150 juta dolar AS ke Gojek pada November 2020. Melalui investasi terbaru ini, Telkomsel dan Gojek berkomitmen dalam memperkuat kontribusi keduanya dalam mendorong transformasi Indonesia sebagai negara digital.

Integrasi ekosistem dilakukan melalui berbagai kolaborasi inisiatif layanan customer-centric mulai dari penguatan ekosistem digital di sektor UMKM dan hingga memberikan kemudahan bagi mitra pengemudi.

Beberapa di antaranya meliputi integrasikan layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz, kemudahan bagi mitra UMKM Gojek melalui aplikasi DigiPOS Aja. Ada pula penyediaan paket data khusus bagi mitra pengemudi Gojek

Layanan GoShop dari 20.000 mitra outlet/reseller Telkomsel. Termasuk kolaborasi co-marketing layanan games melalui Telkomsel Dunia Games dan GoPay melalui kerja sama dengan Tencent.