Netflix Dapatkan Hak <i>Streaming</i> Film Sony Picture, Termasuk <i>Spider-Man: No Way Home</i>
Ilustrasi (Photo by Марьян Блан | @marjanblan)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix akhirnya mencapai kesepakatan untuk mendapatkan hak tayang film-film bioskop garapan Sony Picture. Artinya film garapan atau berlisensi Sony yang telah selesai tayang di bioskop dapat disiarkan kembali untuk platform streaming

Melansir IGN, Jumat, 9 April, ada sejumlah film Sony yang rencananya akan ditayangkan Netflix pada 2022 mendatang. Beberapa di antaranya ada film "Spider-Man" dan sejumlah karakter Marvel yang haknya dimiliki Sony, seperti Morbius dan Venom.

Sumber mengatakan jika kesepakatan hak tayang tersebut bernilai ratusan juta dolar AS. Kesepakatan itu dilaporkan akan berlangsung selama lima tahun, sebagaimana dirangkum dari New York Times.

Sony Picture sendiri terbilang cukup tertinggal dibandingkan rumah produksi lainnya. Pasalnya Sony tak memiliki platform streaming sendiri layaknya Disney+ maupun HBO Max. 

Di sisi lain, kebutuhan Netflix untuk menambah daftar pustaka film streaming mereka juga semakin meningkat. Mengingat kompetitor seperti Disney+ yang telah memiliki Marvel, HBO Max dan Lionsgate play yang telah memiliki lebih banyak film dan acara TV mereka sendiri. 

Meskipun Netflix telah cukup banyak membuat filmnya sendiri selama beberapa tahun dan menerima 36 nominasi Oscar untuk tahun 2020. Namun Netflix masih menginginkan film teater populer yang dibuat oleh studio lain untuk dimasukkan dalam daftar pustaka streaming mereka.

Jadi, apa yang akan diperoleh Netflix? 

Dinukil dari Wall Street Jurnal, bahwa film terbaru Spider-Man: No Way Home akan tayang di Netflix setelah pemutaran resminya di bioskop. Demikian juga dengan film-film dari studio di bawah payung Sony, seperti franchise Jumanji. Studio tersebut termasuk Columbia Pictures, Sony Pictures Classics, Screen Gems, dan TriStar Pictures.