Bagikan:

JAKARTA – Apple meluncurkan banyak pembaruan untuk iCloud, layanan penyimpanan data berbasis cloud, pada Selasa, 8 Oktober. Pembaruan ini mencakup perubahan desain dan peningkatan fitur di situs webnya. 

Seluruh pelanggan iCloud bisa mengakses konten mereka dengan muda karena datanya tersimpan di dalam cloud. Mereka bisa melihat foto dan video, catatan, pengingat, bahkan layanan Find My untuk melacak lokasi perangkat yang hilang atau sulit ditemukan.

Meski situs web iCloud sudah memiliki fungsi yang sangat baik, Apple ingin meningkatkan kinerja dari layanan penyimpanan cloud-nya. Ada banyak peningkatan yang Apple tambahkan dan berikut ini beberapa perubahannya, dikutip dari 9to5mac.

  • Mode Gelap: Apple telah menambahkan mode gelap ke situs web iCloud, sesuai dengan skema warna yang diaktifkan perangkat. Jika perangkat menggunakan mode gelap, iCloud akan mencocokkan tampilan secara otomatis, begitu juga dengan mode terang.
  • Atur Latar Belakang: Pengguna iCloud bisa memilih berbagai warna untuk latar belakang di Beranda. Untuk memilih latar belakang baru, pengguna hanya perlu menggulir layar ke bagian bawah Beranda, lalu mengeklik opsi Sesuaikan Beranda.
  • Kalender Baru: Kini, Apple menambahkan kalender Hijriah bagi para pengguna iCloud. Selain bisa melihat kalender tersebut, pengguna juga akan melihat tampilan antarmuka kalender yang diperbarui.
  • Foto iCloud: Di versi iCloud terbaru ini, pengguna bisa menavigasi foto dengan cepat berdasarkan bulan atau tahun dan menampilkan album di ubin Foto di Beranda. Pengguna juga memiliki kemampuan untuk mengubah informasi foto dari panel.
  • Catatan Penting: Pengguna iCloud kini bisa menyematkan catatan penting di bagian atas dengan menekan tombol Control dan klik atau mengeklik kanan pada catatan. Catatan yang disematkan bisa ditampilkan di Beranda iCloud.

Itu dia deretan pembaruan yang bisa pengguna iCloud lihat di situs webnya. Masih ada pembaruan lainnya yang tidak disebutkan seperti tampilan bersama iCloud Drive dan lainnya. Sepertinya, seluruh pengguna iCloud sudah bisa melihat pembaruan ini.