Bagikan:

JAKARTA – Belum lama ini, muncul laporan bahwa pengguna YouTube di desktop tidak melihat tampilan penghitung waktu mundur pada tombol Lewati. Perubahan ini juga mulai terlihat di aplikasi seluler YouTube. 

Pengguna YouTube dengan akun gratis biasanya akan melihat iklan saat memutar video. Jika durasinya lama, YouTube akan menampilkan tombol Lewati di sudut kiri bawah layar sehingga pengguna bisa menyingkirkan tayangan iklan dan mulai menonton. 

Meski tombol Lewati memberikan kemudahan bagi para penggunanya, tombol ini tidak bisa diketuk jika penghitung waktu mundur belum menghilang dari layar. Hal ini mungkin sudah biasa bagi pengguna akun gratis, tetapi sekarang tidak lagi. 

Dilansir dari Android Police, banyak pengguna YouTube yang mengaku terkecoh dengan perubahan ini. Mereka menunggu penghitung waktu mundur ditampilkan, tetapi mereka tidak melihatnya hingga cuplikan iklannya telah berakhir.

Padahal, tombol Lewati sudah bisa diketuk sejak awal iklan ditayangkan sehingga pengguna tidak perlu menunggu lagi. Ini merupakan perubahan yang menguntungkan bagi para pengguna YouTube gratis, tetapi banyak yang terjebak dan melihat iklannya hingga selesai tanpa sadar. 

Perlu diingat bahwa perubahan pada tombol Lewati ini hanya berlaku pada iklan tertentu dengan durasi yang panjang. Hingga saat ini, YouTube masih menerapkan segmen iklan yang tidak bisa dilewati, biasanya diterapkan pada iklan dengan durasi singkat. 

Sepertinya, perubahan pada tombol Lewati ini sedang diuji secara terbatas di desktop dan Android karena tidak semua pengguna melihat perubahannya. Belum bisa dipastikan kapan penghitung mundur waktu yang hilang ini dirilis secara luas.