Bagikan:

JAKARTA – Sebelumnya, muncul laporan bahwa YouTube menghilangkan penghitung waktu mundur pada tombol Lewati iklan di akun gratis. Tak lama setelah kabar ini beredar, YouTube memberikan klarifikasi.

Perusahaan milik Google itu menjelaskan kepada Android Police bahwa penghitung waktu mundur masih digunakan dengan durasi yang sama, yaitu lima detik. Namun, tulisannya tidak menonjol seperti sebelumnya untuk menyederhanakan tampilan video. 

Manajer Komunikasi Iklan YouTube, Oluwa Falodun. pun menjelaskan bahwa penghitung waktu mundur ini masih bisa terlihat di layar, tetapi dengan tampilan yang lebih kecil. Jika Anda melihat garis berwarna kuning yang bergerak, garis itu adalah penghitung waktu mundur. 

"Pada iklan yang dapat dilewati, tombol tersebut muncul setelah 5 detik pemutaran, seperti biasa," kata Falodun. "Penonton di perangkat seluler dan desktop mungkin akan penghitung waktu mundur yang muncul sebagai bilah kemajuan di bagian bawah layar."

Selain memberikan klarifikasi mengenai sistem penghitung waktu mundur di tayangan iklannya, YouTube menegaskan bahwa fungsi tombol Lewati akan tetap sama. Mereka hanya akan memperbaiki beberapa gangguan untuk menghadirkan materi iklan dengan baik.

Selama beberapa bulan terakhir, YouTube aktif dalam memperbarui aplikasinya di berbagai platform, baik itu desktop, ponsel, maupun televisi. Baru-baru ini, platform streaming video itu memperbarui tampilan antarmuka pengalih akun di smart TV.

YouTube juga memperpanjang durasi video untuk Shorts menjadi tiga menit, menambahkann warna gradasi pada progress bar, integrasi dengan Gemini untuk mengajukan pertanyaan seputar video, dan masih banyak lagi.