Bagikan:

JAKARTA – NASA berusaha menghadirkan pengalaman sains, teknologi, dan ilmiah melalui inisiatif baru. Lembaga antariksa AS itu memutuskan untuk berkolaborasi dengan Minecraft, game yang kini dimiliki Microsoft. 

Melalui kolaborasi ini, Minecraft menghadirkan dunia baru yang berisi informasi seputar Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA. Para pemain bisa mempelajari formasi bintang, berinteraksi dengan galaksi, atau belajar bersama karakter ilmuwan antariksa. 

Selain itu, ada tantangan untuk menciptakan tata surya baru dengan planet yang mengorbit di dalamnya, desain asli dari Webb, berbagai penemuan inovatif dari Webb, dan masih banyak lagi. Seluruh modul interaktif ini dirancang menggunakan gambar asli dari Webb. 

Menurut NASA, kemitraan ini dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk menjadi ilmuwan, insinyur, dan teknisi berikutnya. Bagi siswa yang tertarik dengan sains dan teknologi, mereka bisa menggunakan game ini sebagai alat pembelajaran yang menarik. 

Wakil Administrator NASA, Pam Melroy, menyambut baik kolaborasi ini. Melroy mengatakan bahwa dunia Minecraft terbaru yang mengajarkan Teleskop Webb dapat melahirkan penjelajah alam semesta terbaru, termasuk astronot yang ingin menjelajahi Bulan atau Mars.

"Kolaborasi ini merupakan cara lain bagi siapa pun untuk bergabung dengan NASA saat kami menjelajahi rahasia alam semesta dan memecahkan masalah paling rumit di dunia, menjadikan penjelajahan luar angkasa menarik bagi pelajar dari segala usia," ujar Melroy. 

Sementara itu, Manajer Proyek Webb Mike Davis mengatakan bahwa dunia Minecraft terbaru ini akan menghadirkan misi luar angkasa yang ambisius. Davis berharap bahwa para pelajar tidak hanya terhibur selama memainkan game ini, tetapi juga terinspirasi.

"Saat orang-orang menjelajahi dunia Minecraft Webb, kami berharap mereka akan terinspirasi untuk membawa minat itu lebih jauh dan mungkin suatu hari nanti membantu NASA membangun teleskop luar angkasa masa depan," ungkap Davis.