Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan Gemini Live, dukungan percakapan untuk model bahasa besar (LLM) Gemini, pada Agustus lalu, tetapi khusus untuk pelanggan Advanced. Kini, fitur tersebut hadir untuk para pengguna gratis.

Seperti yang diungkapkan Google beberapa waktu lalu, pengguna Gemini Live bisa melakukan percakapan dengan lancar berkat dukungan bahasa alami. Saking alaminya, pengguna bisa menyela percakapan untuk menambahkan detail atau mengubah topik.

Gemini Live menggunakan ikon bergelombang dengan sentuhan lambang sparkle di sudut kanan atasnya. Ikon fitur ini akan ditempatkan di bagian kiri bawah layar, menggantikan ikon kirim. Setelah ikonnya berubah, tombol kirim akan pindah ke keyboard.

Saat pertama kali menggunakan Gemini Live, Google akan menjelaskan cara penggunaan fitur baru tersebut. Pengguna hanya perlu mengeklik ikon Gemini Live untuk menggunakan fitur tersebut dan menetap di tampilan antarmukanya atau beralih aplikasi.

Saat keluar dari aplikasi Gemini, pengguna tetap bisa mengobrol dengan Gemini Live karena fitur ini mampu berjalan di latar belakang. Jika ingin menghentikan Gemini Live, tekan tombol Tahan atau Akhiri di antarmuka atau pilih Hentikan Mode Live dari bar notifikasi.

Gemini Live memiliki sepuluh pilihan suara yang bisa diganti dengan mudah. Di rentang suara menengah ada Nova, Ursa, dan Eclipse, di rentang suara tinggi ada Vega, Lyra, dan Capella, serta di rentang suara dalam ada Pegasus, Orbit, Orion, dan Dipper.

Meski sudah diluncurkan, sepertinya Gemini Live masih diperluas secara bertahap karena VOI belum melihat fiturnya di aplikasi Gemini. Untuk saat ini, Gemini Live yang sedang diperluas hanya mendukung bahasa Inggris, tetapi Google akan menambahkan bahasa lain di masa depan.