Bagikan:

JAKARTA — Saat I/O 2024 digelar, Google mengatakan akan meluncurkan Gemini Live agar pengguna bisa berbicara dengan chatbot mereka. Kini, Google terlihat menambahkan suara baru ke Gemini.

Sejak awal diluncurkan, Gemini hanya bisa berbicara dengan suara pria dan suaranya tidak pernah berubah. Namun, pada Jumat, 19 Juli, suara wanita mulai terdengar saat pengguna mengaktifkan ikon suara di ruang obrolan.

Suara baru ini hanya terlihat di perangkat Android karena Gemini belum tersedia dalam bentuk aplikasi asli di iOS. Suara ini juga tidak muncul saat pengguna iPhone memakai Gemini di browser perangkat mereka.

Meski suara baru telah ditambahkan, pengguna tidak bisa memilih suara yang ingin mereka dengar. Suara baru ini akan muncul secara otomatis dan belum tersedia di seluruh perangkat karena masih dalam tahap pengujian.

Pembaruan ini sesuai dengan rencana Google yang ingin menghadirkan sepuluh suara baru ke fitur Gemini Live. Google menjanjikan suara yang lebih alami dibandingkan dengan suara yang tersedia saat ini.

Nantinya, fitur Gemini Live bisa digunakan untuk melakukan dialog dua arah dan model bahasa besar (LLM) itu akan memberikan respons yang ringkas. Agar suaranya terdengar lebih alami, Gemini Live bisa menyela ucapan pengguna untuk meminta informasi tambahan.