Bagikan:

JAKARTA – Setelah sukses mengembangkan kacamata pintar bersama Ray-Ban, Meta kini sedang membuat kacamata realitas campuran (MR). Kabarnya, kacamata ini akan jauh lebih besar dari kacamata Ray-Ban.

Dilansir dari laporan The Information, perangkat ini sedang dikembangkan dengan kode Puffin. Belum diketahui dengan pasti seperti apa tampilan dari perangkat baru ini, tetapi Meta akan membuatnya seperti perangkat MR kecil yang terlihat seperti kacamata besar.

Jika proyek ini berhasil dikerjakan, Meta akan meluncurkan kacamata MR buatannya pada tahun 2027. Sepertinya, perangkat dengan berat sekitar 110 gram ini akan menjadi pengganti dari headset MR kelas atas yang pengembangannya sudah dihentikan.

Belum banyak informasi yang bisa didapatkan dari kacamata dengan kode Puffin ini. The Information hanya mendapatkan bocoran kecil seperti Meta yang harus melakukan penyesuaian karena mereka harus memasukkan komponen canggih ke kacamata kecil.

Rumor lainnya mengatakan bahwa kacamata ini akan dilengkapi dengan lensa pancake agar perangkatnya memiliki profil yang ramping. Kacamata ini juga akan memiliki video passthrough sehingga pengguna bisa memadukan pemandangan di dalam dan di luar layar.

Meta akan menambahkan alat pelacak tangan dan mata agar pengguna bisa mengontrol layar di kacamata dengan mudah. Ada kemungkinan kacamata ini akan memiliki paket eksternal yang mencakup baterai dan prosesor, mirip seperti Apple Vision Pro.

Kacamata ini mungkin akan menggantikan headset MR yang terkenal berat dan tidak nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika kacamata ini berhasil dikembangkan, Meta mungkin akan meraih kesuksesan yang sama seperti peluncuran kacamata pintar Ray-Ban.