Bagikan:

JAKARTA - Apple mengumumkan bahwa Chief Financial Officer Luca Maestri akan beralih dari jabatannya pada 1 Januari 2025, dan digantikan oleh Kevan Parekh yang kini memegang jabatan sebagai Wakil Presiden Perencanaan dan Analisis Keuangan Apple. 

“Luca telah menjadi mitra yang luar biasa dalam mengelola Apple untuk jangka panjang. Kami beruntung karena akan terus mendapatkan manfaat dari kepemimpinan dan wawasan yang telah menjadi ciri khas masa jabatannya di perusahaan ini,” kata CEO Apple Tim Cook dalam siaran persnya pada Senin, 26 Agustus. 

Meskipun demikian, Cook mengatakan bahwa Maestri masih akan terus memimpin tim Layanan Korporat, termasuk sistem informasi dan teknologi, keamanan informasi, serta real estat dan pengembangan, dan melapor langsung ke CEO. 

Selama masa jabatannya sebagai CFO, Maestri sudah membuat investasi penting, yang membantu perusahaan meningkatkan pendapatannya lebih dari dua kali lipat, dengan pendapatan layanan tumbuh lebih dari lima kali lipat. 

Cook dan Maestri juga menilai Parekh bisa menjadi pemimpin keuangan Apple yang tepat. Karena menurutnya, Kevan memiliki kecerdasan yang tajam, penilaian yang bijaksana dan merupakan sosok yang cemerlang. 

“Saya menantikan tahap berikutnya dalam waktu saya di Apple, dan saya sangat percaya pada Kevan saat ia bersiap untuk mengambil alih jabatan sebagai CFO,” kata Maestri lebih lanjut. 

Parekh adalah seorang insinyur listrik dengan gelar Sarjana Sains dari Universitas Michigan dan gelar MBA dari Universitas Chicago, yang telah bekerja di Apple selama 11 tahun. 

Sebelum menjadi pemimpin Perencanaan dan Analisis Keuangan, G&A dan Keuangan Manfaat, Hubungan Investor, dan Riset Pasar, Parekh pernah memimpin Penjualan di Seluruh Dunia, Ritel, dan Keuangan Pemasaran.