Bagikan:

JAKARTA - Google Messages sedang menguji fitur baru yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengirim pesan ke obrolan grup yang ada langsung dari layar New conversation. Fitur ini menambahkan bagian baru bernama "Group chats" ke dalam hasil pencarian pada halaman New conversation, yang akan menampilkan semua obrolan grup yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Fitur ini sedang diuji dalam versi beta terbaru Google Messages (versi 20240820_00_RC00), seperti yang dilaporkan oleh 9to5Google. Dalam tangkapan layar yang dilampirkan, terlihat bahwa bagian "Group chats" akan muncul di bawah daftar kontak individu saat pengguna memasukkan kata pencarian pada kolom "To" di halaman New conversation. Bagian ini akan menampilkan obrolan grup yang sesuai dengan kata kunci, beserta pratinjau pesan terakhir.

Fitur ini memungkinkan pengguna mencari obrolan grup berdasarkan nama grup atau nama partisipan grup. Saat pengguna memilih salah satu obrolan grup yang muncul dalam hasil pencarian, mereka akan langsung diarahkan ke obrolan tersebut.

Perlu dicatat bahwa fungsi pencarian Google Messages sebenarnya sudah mendukung pencarian untuk obrolan grup. Namun, fitur yang akan datang ini memberikan cara lain bagi pengguna untuk mencapai hasil yang sama dengan lebih mudah.

Fitur ini saat ini hanya tersedia di versi beta Google Messages, dan kemungkinan akan hadir di versi stabil melalui pembaruan di masa mendatang, bersama dengan perubahan lain yang sedang dikembangkan, seperti perombakan Magic Compose dan animasi baru. Selain itu, Google juga kemungkinan akan segera menghadirkan dukungan dual-SIM untuk obrolan RCS di aplikasi ini, setelah sebelumnya fitur tersebut diuji di saluran beta.