Bagikan:

JAKARTA - Apple telah mengumumkan serangkaian perubahan baru terkait kebijakan App Store dan iPhone di Uni Eropa. Kali ini, Apple akan memperluas pengaturan aplikasi default, memungkinkan lebih banyak aplikasi bawaan untuk dihapus, serta memperbarui tampilan layar pemilihan peramban.

Salah satu perubahan signifikan adalah pada layar pemilihan peramban yang pertama kali diperkenalkan pada awal tahun ini dengan pembaruan iOS 17.4. Dengan pembaruan yang akan dirilis akhir tahun ini, pengguna yang telah menetapkan Safari sebagai peramban default akan kembali melihat layar pemilihan ini saat pertama kali membuka Safari setelah pembaruan terinstal. Pengguna yang telah memilih peramban selain Safari sebagai default tidak akan melihat layar ini lagi. Fitur ini hanya akan muncul sekali per perangkat, berbeda dengan sebelumnya yang muncul sekali per pengguna.

Desain layar pemilihan peramban juga akan diperbarui. Pengguna dapat langsung memilih peramban default mereka di layar pemilihan tanpa harus melihat informasi deskriptif di halaman produk App Store. Deskripsi peramban pada layar akan mencakup subjudul dari halaman produk di App Store. Pengguna harus menggulir seluruh daftar opsi peramban sebelum dapat menetapkan peramban default. Jika peramban yang dipilih belum terinstal di perangkat, layar pemilihan akan menampilkan proses pengunduhan sebelum peramban tersebut terbuka secara otomatis.

Selain perubahan pada pengaturan peramban, Apple juga akan memperkenalkan bagian baru di aplikasi Pengaturan pada iOS 18 dan iPadOS 18 yang memungkinkan pengguna mengelola aplikasi default mereka. Saat ini, pengguna di Uni Eropa dapat mengatur aplikasi default untuk peramban, aplikasi surat, pasar aplikasi, dan aplikasi nirkontak. Namun, akhir tahun ini, pengguna juga dapat mengatur aplikasi default untuk panggilan telepon, pesan, pengelola kata sandi, papan ketik, dan filter spam panggilan. Pada musim semi 2025, dukungan untuk mengatur aplikasi default pada aplikasi navigasi dan terjemahan juga akan ditambahkan.

Apple juga mengumumkan bahwa dengan pembaruan perangkat lunak yang akan datang, pengguna akan dapat menghapus aplikasi bawaan seperti App Store, Pesan, Kamera, Foto, dan Safari. Perubahan ini menunjukkan upaya Apple untuk memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna atas aplikasi yang mereka gunakan di perangkat mereka, khususnya di pasar Uni Eropa yang telah memberlakukan peraturan yang lebih ketat terkait dominasi platform teknologi besar.