Merambah Sektor Video Game, ByteDance Caplok Pengembang <i>Mobile Legends: Bang Bang</i>
Ilustrsasi (Hello I'M Nik / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - ByteDance induk usaha TikTok secara resmi mengakuisisi Moonton Technology, selaku pengembang game Mobile Legends: Bang Bang. Kesepakatan keduanya bernilai hampir 4 miliar dolar AS atau sekitar Rp57 triliun. 

Akuisisi ini memperlihatkan keseriusan ByteDance dalam memperluas bisnisnya untuk bergerak ke sektor video game, Nuverse. Hal ini juga akan memperketat persaingannya dengan Tencent Holdings sesama perusahaan teknologi asal China.

"Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang cepat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat perkembangan game Nuverse secara global," kata ByteDance, seperti dikutip The Verge.

Dalam memo internal, CEO Moonton, Yuan Jing, mengatakan perusahaan akan beroperasi secara independen dari ByteDance setelah akuisisi. Jauh sebelum diakuisisi ByteDance, ternyata Tencent sempat mengajukan penawaran untuk membeli Moonton tetapi tawaran itu ditolak.

Dengan adanya akuisisi ini, ByteDance secara otomatis dapat bersaing dengan game Honor of Kings dan League of Legends. Mengingat pemain multiplayer online battle arena (MOBA) di seluruh dunia berkembang dengan pesatnya. 

Adapun Moonton didirikan oleh mantan karyawan Tencent. Berbeda dengan developer lainya yang merilis beberapa judul game, Moonton justru berfokus pada satu game mereka dan memaksimalkan Mobile Legends.