Bagikan:

JAKARTA – Pada 19 Juli lalu, terungkap bahwa Apple meloloskan aplikasi streaming bajakan bernama Collect Cards: Store Box ke dalam App Store. Toko ini sudah tersedia di App Store sejak tahun lalu.

Halaman Collect Cards: Store Box menyertakan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut merupakan tempat untuk mengelola foto dan video. Namun, saat diunduh dan dibuka, aplikasi ini justru berisi konten dari berbagai platform streaming.

Aplikasi ini bisa mengakses Netflix, Disney+, Amazon Prime Video, HBO Max, Apple TV, dan berbagai platform lainnya. Apple telah menghapus aplikasinya setelah Collect Cards menempati peringkat dua di deretan aplikasi gratis untuk App Store Brasil.

Setelah dihapus, para pengembang kembali menipu Apple karena aplikasi tersebut kembali tersedia di App Store. Bukan hanya satu aplikasi yang berhasil lolos, melainkan beberapa aplikasi dengan pengembang yang berbeda dan nama yang hampir sama.

Aplikasi ini masih bernama Collect Cards, tetapi dengan keterangan tambahan seperti Birthday Check atau Sugar. Collect Cards: Birthday Check menempati urutan ketiga di deretan aplikasi gratis setelah diluncurkan, tetapi fungsi aplikasinya masih sama.

Dikutip dari 9to5mac, aplikasi ini berhasil lolos karena menggunakan geofence. Teknologi ini bisa menyembunyikan fungsi asli dari aplikasi tersebut bagi para pengguna yang ada di AS. Oleh karena itu, Collect Cards bisa lolos pemeriksaan Apple.

Melihat munculnya aplikasi ini setelah dihapus, Apple sepertinya belum mempersiapkan metode untuk mencegah aplikasi serupa masuk. Apple belum memberikan tanggapan mengenai masalah ini, tetapi aplikasinya sudah dihapus kembali dari App Store.