Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi file tanpa koneksi internet, mirip dengan AirDrop milik Apple. Fitur ini, yang pertama kali diuji pada Android, tampaknya juga akan tersedia untuk pengguna iPhone.

Menurut WABetaInfo, versi beta terbaru WhatsApp untuk iOS yang tersedia di TestFlight mencakup fitur "Nearby Share." Dengan fitur ini, pengguna dapat berbagi foto, video, dan dokumen dengan orang di sekitar secara nirkabel menggunakan koneksi terenkripsi end-to-end. Namun, karena keterbatasan iOS, fitur ini akan bekerja sedikit berbeda untuk pengguna iPhone.

Sementara versi Android dari WhatsApp dapat mendeteksi perangkat terdekat, versi iOS akan mengharuskan pengguna untuk memindai kode QR untuk memulai berbagi file. Detail menarik dari Nearby Share adalah kemampuannya untuk bekerja antara iOS dan Android, yang akan memudahkan pengguna untuk mentransfer file meskipun mereka memiliki jenis ponsel yang berbeda.

Namun, meskipun fitur ini telah ditemukan dalam versi beta terbaru WhatsApp, saat ini hanya tersedia untuk pengujian internal. Belum ada rincian kapan Nearby Share akan tersedia untuk pengguna.

Awal bulan ini, WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memberikan pengguna lebih banyak konteks tentang obrolan grup yang tidak dikenal. Platform ini juga baru-baru ini memperkenalkan kemampuan untuk mengirim foto dan video dalam HD secara default. Selain itu, seperti yang dicatat oleh MacMagazine, WhatsApp juga tengah menguji tombol baru untuk memungkinkan pengguna menjelajahi saluran yang tersedia.

WhatsApp tersedia secara gratis di App Store. Harap diingat bahwa mungkin diperlukan beberapa waktu sebelum fitur baru ini muncul di perangkat Anda.