Bagikan:

JAKARTA – Ada banyak komputer yang menggunakan sistem Windows dengan spesifikasi yang berbeda. Jika perangkat Windows yang Anda gunakan sudah berusia cukup lama, Anda mungkin lupa dengan RAM-nya

RAM atau memori sistem merupakan bagian komputer yang sangat penting dan harus diperhatikan sebelum mengunduh aplikasi berat atau menginstal pembaruan perangkat lunak. Jika Anda lupa berapa RAM perangkat Anda, berikut cara mengetahuinya, dilansir dari How to Geek.

Periksa RAM Melalui Pengaturan

Informasi mengenai RAM sudah pasti ada di dalam komputer. Anda hanya perlu membuka Pengaturan dengan mengeklik tombol Windows dan huruf 'i' di keyboard. Setelah Pengaturan terbuka, klik menu Sistem di sidebar sebelah kiri.

Berikutnya, klik menu Tentang, lalu klik panah yang mengarah ke bawah di bagian Spesifikasi Perangkat. Setelah deretan informasi muncul, Anda bisa langsung melihat berapa jumlah RAM yang terpasang di perangkat tersebut.

Di tampilan informasi ini, Anda juga akan melihat jenis prosesor yang digunakan hingga tipe sistemnya. Jika Anda ingin menyalin semua informasi yang ditampilkan, Anda hanya perlu mengeklik tombol Salin di samping tanda panah ke atas.

Memeriksa Kecepatan RAM

Tampilan informasi perangkat di Pengaturan tidak akan menampilkan kecepatan RAM perangkat Anda. Anda harus membuka aplikasi Task Manager dengan cara mengeklik kanan pada tombol Start, lalu pilih Task Manager di menu.

Setelah itu, klik tombol Performance di sidebar kiri dan pilih opsi Memori. Jika sudah diklik, layar akan menampilkan total kapasitas RAM PC dan status yang menampilkan kecepatan RAM serta berapa banyak RAM yang sudah Anda gunakan.