Bagikan:

JAKARTA – Google telah menghentikan dukungan Google URL Shortener ke Firebase Dynamic Links pada tahun 2018 karena banyaknya layanan pemendekan URL. Sejak saat itu, URL baru tidak bisa disingkat.

Setelah dukungannya diakhiri, kini Google akan menonaktifkan seluruh tautan yang disajikan menggunakan Google URL Shortener. Tautan ini tidak akan bisa diakses atau memberikan respons mulai Agustus tahun depan.

"Semua pengembang yang menggunakan tautan yang dibuat dengan Google URL Shortener dalam bentuk https://goo.gl/ akan terpengaruh, dan URL ini tidak akan lagi memberikan respons setelah 25 Agustus 2025," kata Google di halaman pengembang.

Sementara itu, mulai 23 Agustus mendatang, Google akan menampilkan pesan peringatan bahwa, "Tautan ini tidak akan berfungsi lagi dalam waktu dekat." Tautan ini akan muncul saat seseorang mengunjungi URL yang dipendekkan.

Ketika pesan peringatan ini muncul, pengguna akan melihat dua tombol yang bisa diklik. Tombol pertama adalah Lanjutkan untuk tetap mengakses tautan, sedangkan tombol kedua adalah Jangan Tampilkan Lagi untuk tidak melihat peringatannya lagi.

Peringatan ini akan muncul dalam bentuk interstitial atau iklan dalam halaman penuh. Google memberikan peringatan tambahan bahwa munculnya interstitial ini akan menyebabkan gangguan di aliran tautan tersebut.

"Halaman interstitial kemungkinan akan menyebabkan metadata tidak lagi muncul di tempat tautan awal ditampilkan. Karena alasan ini, kami menyarankan untuk mentransisikan tautan ini sesegera mungkin," jelas Google.