Bagikan:

JAKARTA - The Open Network (TON) Foundation baru-baru ini mengumumkan peluncuran TON Teleport BTC, sebuah infrastruktur yang membuka penghubung yang aman untuk memfasilitasi transfer Bitcoin yang mulus ke dan dari jaringan TON. Inisiatif ini diharapkan akan dirilis akhir tahun ini, sesuai dengan postingan resmi di platform media sosial X.

Dengan TON Teleport BTC, pemegang Bitcoin akan dapat berpartisipasi dalam aktivitas keuangan terdesentralisasi (DeFi) di jaringan TON. Mereka dapat menggunakan BTC di bursa terdesentralisasi (DEX), protokol pinjaman, dan berbagai protokol keuangan lainnya yang berbasis di TON. Yang menarik, TON Teleport BTC didukung sepenuhnya oleh Bitcoin nyata, yang dipatok melalui proses teleport untuk memastikan transaksi yang aman.

Anatoliy Makosov, pimpinan teknis inti TON, menjelaskan potensi transformatif dari TON Teleport BTC:

“Teknologi terdesentralisasi dan aman ini beroperasi tanpa perantara atau batasan. Semua transaksi dilakukan melalui smart contract dan diverifikasi oleh validator blockchain TON. Menyimpan dan menggunakan Bitcoin di TON sama amannya dengan di jaringan Bitcoin itu sendiri, namun jauh lebih murah dan lebih nyaman.”

Perjalanan TON: Dari Telegram ke Ekosistem Terdesentralisasi

Awalnya dikembangkan oleh platform pesan terkenal, Telegram, TON memiliki sejarah yang menarik. Tujuan awalnya adalah menggunakan token asli mereka, Toncoin, dalam pembayaran berbagi pendapatan iklan dengan pemilik saluran Telegram. Namun, tantangan regulasi menghentikan pengembangan TON pada tahun 2020.

Sejak saat itu, pengembangan yang dipimpin oleh komunitas telah mendorong pertumbuhan TON. Mini-game Telegram seperti Hamster Kombat, Catizen, dan Notcoin, berbasis pada model tap-to-earn, telah meningkatkan basis pengguna TON. Pengguna dapat mendapatkan mata uang dalam game yang kemudian dapat dikonversi menjadi airdrop nyata, mendorong keterlibatan dan adopsi dalam ekosistem TON.

Toncoin saat ini diperdagangkan pada harga 7,20 dolar AS. Nilainya telah meningkat lebih dari 430% selama satu tahun terakhir, menurut data dari CoinMarketCap. Kapitalisasi pasar token ini juga telah melonjak lebih dari dua kali lipat sejak awal tahun, mencapai 18 miliar dolar AS. 

Keberhasilan ini menempatkan Toncoin di posisi kedelapan dalam daftar mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Sementara itu, dompet kripto terdesentralisasi SafePal baru saja mengumumkan dukungannya terhadap NFT TON dalam pembaruan aplikasi seluler terbaru mereka.