Bagikan:

JAKARTA – NASA melakukan tindakan yang tidak biasa pada Jumat, 12 Juli. Badan antariksa nasional AS ini menggunakan antena raksasa dari Deep Space Network (DSC),  berhasil memancarkan lagu hip-hop pertama ke Venus.

Lagu yang dikirim oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA adalah The Rain (Supa Dupa Fly) karya Missy Elliott. JPL mentransmisikan lagu Elliott ke berbagai wahana antariksa yang sedang menjelajahi Venus, planet yang dipilih oleh Elliott.

Berjarak 254 juta kilometer dari Bumi, lagu ini berhasil dikirimkan dengan kecepatan cahaya dan hanya menghabiskan waktu 14 menit. Antena parabola DSN yang terpilih untuk memancarkan lagu ini adalah Deep Space Station 13 (DSS-13).

Elliott, rapper dengan karier musik lebih dari 30 tahun itu, mengaku bangga dengan pencapaian lagunya. Terlebih lagi, The Rain (Supa Dupa Fly) merupakan lagu hip-hop pertama yang disiarkan ke luar angkasa menggunakan alat komunikasi NASA.

Penulis lagu itu pun mengatakan bahwa ia sengaja, "memilih Venus karena melambangkan kekuatan, keindahan, dan pemberdayaan. Saya sangat rendah hati karena berkesempatan untuk berbagi karya seni dan pesan saya dengan alam semesta!"

Brittany Brown, Direktur Divisi Digital dan Teknologi NASA, mengatakan bahwa pihaknya telah mendorong batasan baru dengan mengirimkan karya seni ke luar angkasa. Brown mengungkapkan bahwa mereka menjadi pihak pertama yang mengajukan ide ini ke Elliott.

JPL NASA sengaja memilih Elliott karena rapper itu memiliki rekam jejak yang baik dalam bermusik. "(ia dapat) memadukan cerita yang berpusat pada ruang angkasa dan visual futuristik dalam video musiknya."