Hip Hop Lahir dari Sebuah Pesta Ulang Tahun di Apartemen Kecil Kawasan Bronx
DJ Kool Herc (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti genre apa pun, hip hop berakar dalam bentuk musik lain. Hip hop memiliki ciri khusus, meski evolusinya dibentuk dari banyak gaya. 11 Agustus 1973, sejarah mencatat hip hop lahir ke dunia. Momen tersebut terjadi di pesta ulang tahun yang diselenggarakan di sebuah gedung apartemen di barat Bronx, New York, Amerika Serikat (AS).

Melansir History, Selasa, 11 Agustus, ciri umum musik hip hop adalah musiknya yang upbeat, lirik bertema protes, serta unsur rap di dalamnya. Lokasi lahirnya hip hop adalah 1520 Sedgwick Avenue. Seorang perempuan merayakan ulang tahunnya dan memutuskan untuk membuat sebuah pesta. Siapa sangka pesta itu akan jadi sejarah penting bagi musik hip hop.

Ia menunjuk saudara laki-lakinya yang saat itu berusia 18 tahun untuk memainkan musik sekaligus memimpin pesta. Saudara laki-lakinya tersebut bernama Clive Campbell, yang lebih dikenal dalam sejarah sebagai DJ Kool Herc, penemu musik hip hop. Dan tiada pula yang menyangka DJ Kool Herc akan menjadi tokoh besar dalam musik hip hop.

Lahir dan dibesarkan hingga usia sepuluh tahun di Kingston, Jamaika, DJ Kool Herc mulai memainkan musik untuk pesta-pesta sebagai jalan hidupnya. Saat masih remaja, Kool Herc memainkan "racikan musik" dari lagu-lagu buatan band ayahnya.

DJ Kool Herc (Sumber: Wikimedia Commons)

Herc sering meniru gaya orang Jamaika saat memilih musik dengan berbicara saat musik sedang ia putar. Tetapi historis tersebut tidak ada hubungannya dengan rap. Kontribusi Kool Herc pada hip hop bahkan lebih mendasar.

Inovasi khas DJ Kool Herc datang dari pengamatan bagaimana orang banyak bereaksi terhadap bagian tertentu dari musik apa pun yang kebetulan dia mainkan. "Saya memerhatikan orang-orang menunggu bagian tertentu dari musik untuk menari. Mungkin untuk melakukan gerakan khusus,” kata Kool Herc.

Momen-momen itu cenderung terjadi pada bagian break drum. Apa yang Kool Herc putuskan untuk lakukan adalah menggunakan dua turntable dalam pengaturan musik. Namun cara tersebut bukan untuk membuat transisi yang mulus antara dua rekaman musik.

Cara tersebut sebagai cara untuk beralih berulang kali antara dua salinan dari rekaman musik yang sama. Pada musim panas 1973, DJ Kool Herc menggunakan dan menyempurnakan gaya break-beat-nya selama hampir satu tahun.

Namun, pesta saudara perempuannya pada 11 Agustus menempatkannya di hadapan kerumunan terbesar dengan dengan sistem suara paling kuat yang pernah ia buat. Keberhasilan pesta itulah yang menjadi akar. Enam tahun setelahnya, istilah hip hop masuk ke dalam kosakata populer.

1520 Sedgwick Avenue (Sumber: Wikimedia Commons)

Musik hip hop barat mendunia

Sementara itu, salah satu komponen hip hop yang juga disukai banyak orang, yakni rap baru dikenal secara nasional di AS setelah The Sugarhill Gang merilis lagu berjudul Rapper's Delight (1979). Lagu itu dirilis melalui label independen Sugar Hill, yang dikelola orang Afrika-Amerika.

Beberapa pekan setelah dirilis, lagu tersebut jadi fenomena puncak tangga lagu dan dilabeli sebagai genre musik pop baru. Tak ada yang menduga popularitas hip hop akan meluas ke seluruh dunia.

Bahkan di awal kemunculannya, hip hop diyakini hanya akan populer di kalangan pria perkotaan Afrika-Amerika. Namun, di akhir 1990-an, hip hop jadi genre musik populer paling laris di AS.

Dampak dari hip hop yang mengglobal, musik ini menginvasi kota-kota besar, seperti Paris, Tokyo, Sydney, Cape Town, London, hingga Bristol. Kala itu, setiap gelaran musik hip hop adalah berkumpulnya pemusik hebat dan penonton gila.

Tak hanya dalam musik. Hip hop juga menghasilkan penjualan besar produk di industri mode, minuman keras, elektronik, dan mobil yang dipopulerkan oleh artis hip hop di stasiun televisi seperti MTV dan The Box, serta di majalah berorientasi hip hop seperti The Source dan Vibe.

Perpaduan cerdik antara kewirausahaan dan estetika, hip hop adalah sumber dari beberapa teknik utama musik pop modern. Teknik tersebut termasuk drum dan pengambilan sampel digital. Maka, berdansalah karena ini hari lahir hip hop.