Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernakah Anda terpikirkan pertanyaan bagaimana cara membuat magnet? Magent adalah benda yang punya kemampuan menarik benda-benda tertentu yang ada di sekitarnya. Benda berdaya magnet ini sering ditemukan di sekitar kita.

Benda magnet dapat menarik benda-benda yang mengandung logam. Benda berdaya magnet ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya pada bel listrik, dinamo sepeda, penempel hiasan, kompas navigasi, dan masih banyak lainnya. 

Kekuatan dari magnet yang bisa menarik benda ini memang bikin penasaran. Ternyata magnet bisa dibuat sendiri melalui beberapa cara. 

Jenis-Jenis Magnet

Sebelum mempelajari cara membuat magnet, sebaiknya Anda ketahui dulu jenis-jenis magnet yang digunakan dalam kehidupan manusia. Terdapat dua jenis magnet, yaitu magnet yang bersifat alami dan magnet buatan. 

Berikut ini penjelasan dari jenis magnet alami dan magnet buatan yang perlu Anda tahu:

Magnet Alami

Magnet alami adalah objek yang memiliki daya magnet tanpa pengaruh manusia atau terjadi secara alami. Contoh magnet alami seperti batuan yang mampu menarik benda berbahan besi karena memiliki magnet alami.

Contoh lain magnet alami adalah Gunung Ida di Magnesia yang dapat menarik benda-benda di sekitarnya karena terbukti memiliki daya magnet. Gunung ini sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno.

Magnet Buatan

Magnet buatan adalah benda berdaya magnet yang dibuat dengan tangan manusia. Magnet jenis in dibuat dengan bahan magnetik yang kuat, seperti baja dan besi. Ada kategori magnet buatan, yaitu magnet yang bersifat permanen dan magnet sementara.

Magnet buatan sementara

Magnet buatan permanen adalah magnet yang tetap memiliki sifat kemagnetan meskipun proses pembuatannya telah selesai. Contohnya adalah magnet di pintu kulkas, yang memungkinkan pintu kulkas menutup rapat dan bisa menempelkan hiasan.

Magnet buatan sementara

Magnet buatan sementara adalah magnet yang hanya memiliki sifat kemagnetan sementara. Sifat kemagnetan ini hanya ada selama proses pembuatannya, sehingga gaya magnetnya akan hilang ketika medan magnet eksternalnya dihilangkan. 

Contohnya magnet buatan sementara adalah magnet yang menggunakan sumber kekuatan elektromagnetik. Ketika sumber kekuatannya dihentikan, gaya magnetnya juga hilang.

Cara Membuat Magnet

Pembuatan magnet bisa dilakukan dengan tiga metode, yaitu digosok, induksi dan elektromagnetik. Berikut ini langkah-langkah membuat magnet yang bisa Anda ikuti:

Membuat Magnet Digosok

Berikut ini langkah membuat magnet dengan metode digosok:

  1. Menyiapkan sepotong besi untuk objek yang akan diberi gaya magnet.
  2. Menyiapkap magnet yang bakal dipakai untuk memberi gaya magnet pada besi.
  3. Besi digosokkan ke magnet secara berulang dan searah.
  4. Secara perlahan, gaya magnet akan muncul atau menempel di besi.

Membuat Magnet Induksi

Berikut langkah membuat magnet dengan metode induksi:

  1. Menyiapkan sepotong paku besar. Paki ini akan dijadikan objek yang diberi gaya magnet.
  2. Menyiapkan beberapa paku kecil yang digunakan untuk menguji gaya kemagnetan setelah proses induksi.
  3. Siapkan juga magnet yang bakal dipakai untuk memberi gaya magnet pada besi.
  4. Meletakkan paku besar di dekat magnet. Sebisa biarkan paku diam atau jangan menggerakkannya.
  5. Paku besar tersebut akan mendekat secara perlahan ke magnet karena gaya magnet menginduksi ke paku besar. Kondisi ini terjadi karena paku besar berada di area atau medan magnet.
  6. Lalu coba taruh paku-paku kecil di dekat paku besar. Apabila paku-paku kecil mulai tertarik mendekati paku besar maka artinya paku besar sudah mempunyai gaya magnet karena terinduksi magnet.

Membuat Magnet Elektromagnet

Berikut langkah membuat magnet dari metode elektromagnet:

  1. Menyiapkan sepotong atau satu paku yang bakal diberi gaya magnet.
  2. Menyiapkan sumber elektromagnet, misalnya menggunakan baterai dan kabel.
  3. Menyambungkan kabel ke baterai supaya arus energi tersambung.
  4. Melilitkan kabel ke paku yang sudah disiapkan.
  5. Paku akan memperoleh gaya magnet secara perlahan dari aliran energi baterai.
  6. Lalu coba taruh paku lain di dekat paku yang terlilit kabel dan telah memiliki gaya magnet. Paku lain tersebut akan mulai menempel ke paku yang dililit kabel akibat sudah memiliki gaya magnet.

Demikianlan beberapa cara membuat magnet yang perlu Anda tahu. Anda bisa membuat magnet sendiri dengan tiga cara di atas. Baca juga apa itu medan magnet bumi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.