[VIDEO] Cara Kerja <i>Wireless Charger</i>
Ilustrasi (Raga Granada/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketergantungan akan colokan mendorong inovasi bergerak. Wireless charger kini telah diciptakan untuk mendukung aktivitas digital Anda dengan smartphone. Lantas seperti apa cara kerja wireless charger sebenarnya?

Untuk mengetahui cara kerja wireless charger, penting bagi kita untuk memahami prinsip dasar pengisian daya nirkabel tersebut. Hal itu berawal dari penemuan terbesar abad ke-19 oleh Michael Faraday: teori induksi elektromagnetisme.

Faraday menyadari bahwa listrik bisa menciptakan medan magnet, oleh karena itu ia berpikir sebaliknya, magnet juga bisa menciptakan listrik. Benar saja, medan magnet yang bergerak ternyata bisa menciptakan listrik.

Teori itu kemudian dikembangkan oleh Ilmuwan Nikoa Tesla. Ia berhasil membuat teori yang bernama kopling induktif resonansi. Berkat penemuannya, Tesla berhasil menciptakan cara agar arus listrik dapat berpindah tanpa perantara alias wireless. 

Atas dasar itulah teknologi wireless berkembang. Dan salah satu prinsip cara kerjanya diterapkan pada wireless charger. Untuk lebih jelasnya, saksikan tayangan perdana "Cara Kerja Wireless Charger"