Cara Kerja 2020 Pilihan Redaksi VOI
Ilustrasi (VOI/Raga Granada)

Bagikan:

JAKARTA - Cara Kerja adalah segmen yang dibuat tim VOI untuk mengulas bagaimana benda-benda canggih bekerja. Tujuannya supaya penonton dapat terpuaskan perihal kecanggihan dari buah pikir manusia.

Pada kesan pertama, konten Cara Kerja boleh jadi agak sepele. Akan tetapi, ketika diulas panjang lebar suatu produk, nyatanya cukup rumit. Ambil contoh dalam membahas bagaimana air minum dalam kemasan (AMDK) diproduksi. Untuk menikmati jernihnya air, produsen harus bekerja keras melawati fase demi fase untuk menjaga kemurnian dari produknya.

Namun saat ini kita tak membahas panjang lebar terkait AMDK. Kami akan mencoba menyajikan kembali konten-konten Cara Kerja yang paling populer dalam 2020. Pertama, kami akan mengulas cara kerja dari swab test Polymerase Chain Reaction (PCR). Kedua, cara kerja pemutar piringan hitam atau turntable. Terakhir atau ketiga, cara kerja wireless charger.

Tes swab PCR

Ada tiga jenis tes untuk mendeteksi COVID-19 di dalam tubuh. Rapid test, tes antibodi/ darah, dan teranyar swab test PCR. Terkait PCR sendiri, tes ini dianggap paling akurat untuk mendeteksi adanya virus aktif. Metode pengujiannya tak lain dilakukan dengan cara mengumpulkan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan.

Selain efektif, hasil dari tes PCR bisa didapatkan dalam hitungan menit hingga hitungan hari. Semua itu tergantung dari fasilitas laboratorium. Terkait cara kerjanya, Anda dapat mengetahuinya secara lengkap pada video Cara Kerja.

Cara Kerja: Mengungkap Alasan Mengapa Swab Test PCR Paling Akurat

Tim: 

Penulis: Ramdan Febrian

Desain: Raga Granada

Pengisi Suara: Mahesa ARK

Video: Irfan Meidianto

 

***

 

Turntable

Antusias generasi kekinian kepada turntable sebagai barang wajib koleksi masa kini cukup tinggi. Sejarah seolah terulang. Turntable yang sejatinya alat pemutar piringan hitam kembali diburu. 

Walau kini turntable telah bertransformasi ke dalam bentuk modern, prinsip kerjanya tak banyak berubah. Yang mana, dalam Turntable terdapat bagian platter (piringan yang berputar),  Plinth (wadah turntable), tonearm (pemegang cartridge), dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek pada video Cara Kerja.  

Cara Kerja Turntable, Kok Vinyl Bisa Mengeluarkan Suara?

Tim: 

Penulis: Ramdan Febrian

Desain: Raga Granada

Pengisi Suara: Mahesa ARK

Video: Irfan Meidianto

 

***

 

Wireless charger

Pada dasarnya, wireless charger adalah teknologi yang memungkinkan pengisian daya baterai (ponsel) dengan jarak sangat pendek tanpa kabel. Kehadiran induksi elektromagnetik untuk mengirim daya dari charger ke ponsel membuat hal itu memungkinkan. Lebih detailnya dapat dilihat dalam video Cara Kerja.

Cara Kerja Wireless Charger

Tim: 

Penulis: Ramdan Febrian, Yudhistira Mahabarata

Desain: Raga Granada

Pengisi Suara: Mahesa ARK

Video: Irfan Meidianto