Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu medan magnet Bumi bisa dipahami sebagai ruang di luar magnet. Meski berada di luar, efek magnet masih bisa punya pengaruh dengan tingkat kekuatan yang variatif sesuai dengan jaraknya.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang medan magnet bumi adalah sesuatu hal yang penting, tidak hanya manfaatnya namun pengertian hingga asal-usulnya.

Apa Itu Medan Magnet Bumi

Medan magnet atau bisa disebut dengan geomagnetik adalah suatu medan yang ada di bagian dalam planet, dalam hal ini adalah Bumi. Perlu diketahui bahwa planet yang memiliki medan magnet tidak hanya Bumi saja, beberapa planet lain pun punya hal serupa. Hanya saja kekuatannya beragam. Mars misalnya yang medan magnetnya sangat kecil, sedangkan Venus justru tak memilikinya, dilansir dari Sciencedirect.

Bumi sendiri menjadi medan planet raksasa. Sebagai planet besar, Bumi memiliki wilayah yang dikenal dengan nama magnetosfer yakni lapisan medan magnet yang menyelubungi.

Medan magnet Bumi juga memiliki kutub. Menariknya, kutub magnet Bumi letaknya berpindah-pindah secara konstan. Artinya kubut medan magnet Bumi posisinya tidak tetap. Perpindahan tersebut disebabkan karena fluktuasi inti sehingga medan magnet Bumi terus berubah secara drastis. Kutub Utara magnet Bumi sendiri bergerak sejauh 40 kilometer per tahun ke arah Barat Laut sejak ditemukan.

Asal Usul Medan Magnet Bumi

Dilansir dari situs Earth, medan magnet Bumi berasal dari wilayah yang dinamai dengan inti luar yakni lapisan yang berupa besi cair serta nikel. Letaknya ada di bawah permukaan Bumi sedalam 2.890 kilometer.

Kemunculan medan magnet Bumi sendiri berkaitan erat dengan teori geodinamo yang terjadi pada Bumi. Efek dinamo yang menghasilkan arus listrik kemudian menghasilkan sekaligus mempertahankan medan magent. Sederhananya medan magnet Bumi berkaitan erat dengan proses dinamis yang terjadi di inti luar Bumi.

Perlu dipahami bahwa teori geodinamo untuk saat ini masih disandarkan pada data dan bukti yang tersedia. Akan tetapi masih banyak aspek lain yang terus diselidiki serta disempurnakan oleh ilmuwan.

Manfaat Medan Magnet Bumi

Dilansir dari situs BMKG, medan magnetik yang terbentuk karena aktivitas rotasi Bumi ini menghasilkan selubung magnetik atau Magnetospher. Selubung tersebut berfungsi sebagai pelindung Bumi dan isinya dari fenomena alam lain seperti badai Matahari atau aktivitas Corona Mass Ejection (CME) serta badai cosmic lain yang berbahaya.

Tak hanya itu, data geomagnetik yang berhasil dikumpulkan juga dimanfaatkan sebagai navigasi bahkan sejak abad pertengetahan. Data juga dipakai untuk mencari bahan mineral, juga untuk mengetahui cuaca antariksa.

Tidak hanya untuk manusia, ilmuwan ungkap hiu manfaatkan medan magnet bumi untuk navigasi. Dengan adanya medan magnet, hiu dapat menempuh perjalanan jauh.

Itulah informasi terkait apa itu medan magnet bumi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.