Bagikan:

JAKARTA - Android 15 sedang mempersiapkan penambahan penggeser intensitas pada pengaturan koreksi warna. Fitur ini memungkinkan pengguna buta warna untuk menyesuaikan intensitas setiap mode koreksi warna, memberikan lebih banyak cara untuk menyesuaikan bagaimana warna ditampilkan.

Saat ini, Android menawarkan beberapa mode koreksi warna tetap untuk mengatasi deuteranomaly, protanomaly, dan tritanomaly.

Koreksi Warna yang Lebih Fleksibel

Pengaturan koreksi warna dapat ditemukan di bawah Settings > Accessibility > Color and motion. Di sini, pengguna buta warna dapat mengaktifkan salah satu mode koreksi warna Android, yang masing-masing mengompensasi berbagai tingkat buta warna.

  • Deuteranomaly Correction: Untuk orang yang kesulitan membedakan warna hijau.
  • Protanomaly Correction: Untuk orang yang kesulitan membedakan warna merah.
  • Tritanomaly Correction: Untuk orang yang kesulitan membedakan warna biru.
  • Grayscale Mode: Membantu orang yang tidak bisa melihat warna sama sekali.

Penggeser Intensitas di Android 15

Android 15 akan memperluas pengaturan koreksi warna dengan menambahkan penggeser intensitas. Penggeser ini akan memiliki tiga nilai, yaitu rendah, sedang, dan tinggi, yang mengubah intensitas perubahan keseimbangan warna untuk setiap mode koreksi warna.

Pengaturan ini belum tersedia di Android 15 Beta 3.1, tetapi sejumlah pengguna berhasil mengaktifkannya secara manual. Galeri berikut menunjukkan bagaimana penggeser intensitas mempengaruhi perubahan keseimbangan warna di bawah mode koreksi warna deuteranomaly merah-hijau dan tritanomaly biru-kuning.

Galeri Penggeser Intensitas

  1. Deuteranomaly Merah-Hijau Intensitas Rendah

     
  2. Deuteranomaly Merah-Hijau Intensitas Sedang

     
  3. Deuteranomaly Merah-Hijau Intensitas Tinggi

     
  4. Tritanomaly Biru-Kuning Intensitas Sedang

     
  5. Tritanomaly Biru-Kuning Intensitas Tinggi

     

Manfaat Bagi Pengguna

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga menambahkan lebih banyak personalisasi pada pengaturan koreksi warna Android dapat membantu pengguna buta warna yang merasa bahwa opsi yang ada saat ini belum cukup efektif. Penambahan penggeser intensitas ini dapat membantu mengkompensasi berbagai tingkat deuteranomaly, protanomaly, atau tritanomaly.

Jika Anda hidup dengan bentuk kekurangan penglihatan warna, kemungkinan  perubahan ini di Android 15 akan bermanfaat bagi Anda! Fitur ini menunjukkan komitmen Android untuk membuat teknologi lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang.