Bagikan:

JAKARTA – NASA akan berhenti mengamati asteroid dengan teleskop Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE). Pasalnya, teleskop ini akan tutup usia dan digantikan dengan teleskop terbaru. 

Misi NEOWISE akan berakhir pada 31 Juli mendatang dan perannya akan digantikan oleh Near Earth Object Surveyor (NEO Surveyor). Teleskop ini merupakan teropong antariksa pertama yang menggunakan inframerah dan dibangun khusus untuk keselamatan Bumi.

NEO Surveyor akan mengamati berbagai objek berbahaya yang berada di dekat Bumi. Teknologi yang akan diluncurkan pada akhir tahun 2027 ini diharapkan mampu menciptakan strategi pertahanan Bumi dari ancaman objek antariksa berbahaya.

Amy Mainzer, Peneliti Utama NEOWISE, mengatakan bahwa NEO Surveyor dibangun berdasarkan teknologi NEOWISE. Hanya saja, teknologi yang digunakan di NEO Surveyor telah dikembangkan sehingga hasilnya bisa lebih baik dari teleskop yang digantikan.

"NEOWISE telah menjadi kunci dalam membantu kami mengembangkan dan mengoperasikan teleskop antariksa inframerah generasi berikutnya milik NASA. Ini adalah misi pendahulu,” kata Amy, dikutip melalui laporan NASA.

Saat pertama kali diluncurkan, NEOWISE disebut sebagai Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE). Teleskop ini diterbangkan pada tahun 2009 dengan kontrak pengamatan selama enam bulan. Setelah itu, NASA memperpanjang usianya hingga tahun 2011.

Setelah tiga tahun beroperasi, WISE melakukan hibernasi dalam waktu yang sangat panjang karena tidak adanya pendingin. Teleskop ini baru diaktifkan kembali pada tahun 2013 dengan nama baru dan akhirnya beroperasi selama 14 tahun.