Bagikan:

JAKARTA – Jaringan Wi-Fi yang mendadak tidak berfungsi di iPhone bisa mengganggu aktivitas Anda. Masalah pada Wi-Fi ini bisa terjadi karena jaringan yang tidak stabil atau perangkat yang bermasalah.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, Anda tidak perlu cemas karena ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan, seperti mengatur ulang Wi-Fi atau perangkat. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki Wi-Fi bermasalah di iPhone, dikutip dari How to Geek.

Aktifkan Ulang Wi-Fi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan ulang jaringan Wi-Fi di perangkat Anda. Dalam beberapa kasus, Anda hanya perlu mematikan jaringan Wi-Fi, lalu menunggu selama beberapa menit sebelum menyalakan kembali jaringannya.

Jika ikon Wi-Fi menghilang dari pengaturan perangkat atau bilah status di iOS, perangkat lunak Wi-Fi sedang mengalami mogok. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga ikonnya muncul kembali.

Mulai Ulang Perangkat

Jika cara di atas tidak berhasil atau ikon tidak kunjung muncul selama beberapa saat, Anda bisa mematikan iPhone terlebih dahulu. Setelah dimatikan, Anda juga harus menunggu beberapa saat sebelum perangkatnya dinyalakan kembali.

Setelah iPhone menyala, Anda perlu mematikan jaringan Wi-Fi terlebih dahulu, lalu sambungkan kembali dengan jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan sebelumnya. Seharusnya, cara ini berhasil memulihkan Wi-Fi Anda.

Periksa Koneksi Internet

Jika iPhone Anda masih belum bisa menggunakan Wi-Fi, ada kemungkinan masalahnya berasal dari jaringan. Untuk memastikan apakah jaringan Wi-Fi Anda bermasalah, Anda bisa membuka pengaturan Wi-Fi.

Label 'Tidak Ada Koneksi Internet' yang ditambahkan di bagian bawah nama jaringan menunjukkan bahwa masalah bukan dari iPhone Anda, melainkan jaringannya. Jika Anda melihat label tersebut, segera hubungi pihak penyedia layanan internet.