Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Jerman siap meluncurkan penjualan Bitcoin terbesar dalam sejarah mereka, dengan nilai mencapai 900 juta Dolar AS (sekitar Rp14,6 triliun). Data dari Arkham Intelligence menunjukkan bahwa lebih dari 16.000 BTC telah ditarik dari dompet pemerintah pada tanggal 8 Juli, meninggalkan 23.787,7 BTC (senilai 1,35 miliar Dolar AS atau sekitar Rp22 triliun) di kas mereka.

Pada pukul 8:32 pagi ET, Senin lalu, Arkham pertama kali mengidentifikasi tanda-tanda penjualan lanjutan. Pemerintah mengirimkan 2738,7 BTC (senilai 155,3 juta Dolar AS atau sekitar Rp2,5 triliun) ke berbagai bursa dan pembuat pasar, termasuk Kraken, Cumberland, sebuah alamat yang tidak dikenal, dan sebuah alamat yang mungkin terkait dengan layanan perdagangan institusional atau over-the-counter (OTC). Cumberland dan alamat yang tidak dikenal tersebut menerima koin dari pemerintah untuk pertama kalinya.

Kurang dari dua jam kemudian, Jerman telah mengirim 8100 BTC (senilai 463,2 juta Dolar AS atau sekitar Rp7,5 triliun) lagi ke bursa seperti Kraken, Coinbase, dan Bitstamp, termasuk 200 juta Dolar AS (sekitar Rp3,2 triliun) yang dikirim ke Flow Traders, sebuah perusahaan perdagangan properti dan pembuat pasar.

Segera setelah itu, pemerintah mengirim tambahan 5200 BTC (senilai 297,3 juta Dolar AS atau sekitar Rp4,8 triliun) ke Coinbase, Bitstamp, dan alamat OTC.

Dikutip dari Crypto Potato, Arkham mengatakan, “Ini menjadikan hari ini sebagai hari terbesar mereka sejauh ini - lebih dari 16.000 BTC secara total. Kurang dari setengah BTC yang awalnya disita dari Movie2k masih tersisa.”

BACA JUGA:


Movie2k adalah situs pembajakan film yang darinya polisi Jerman berhasil menyita 50.000 BTC pada Januari tahun ini. Berbeda dengan rekan-rekan mereka di AS yang telah menyita jumlah Bitcoin yang lebih besar terkait organisasi kriminal, Jerman melepaskan koin-koin mereka untuk mata uang fiat dengan kecepatan yang jauh lebih cepat, yang mengecewakan para penggemar kripto di tahun 2024.

Pendiri Tron dan miliarder kripto, Justin Sun, pekan lalu menawarkan untuk membeli sisa Bitcoin Jerman untuk mengurangi tekanan jual di pasar. Pendekatan pemerintah ini juga dikritik oleh seorang anggota parlemen Jerman, yang menyarankan agar pemerintah menyimpan koin mereka sebagai bagian dari kas yang terdiversifikasi daripada menjual semuanya.

Ketakutan seputar penjualan cepat pemerintah Jerman, ditambah dengan redistribusi Bitcoin dari Mt. Gox, telah memicu koreksi pasar bulan ini, mendorong harga BTC ke level terendah sejak Februari.