Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Jerman telah menyelesaikan proses penjualan bitcoin yang sebelumnya disita dari situs pembajakan film Movie2K pada Januari lalu. Dalam beberapa hari terakhir, Jerman telah mentransfer ribuan bitcoin ke berbagai bursa dan pelaku pasar sebagai bagian dari upaya untuk menjual aset kripto tersebut.

Dikutip dari The Block, menurut data dari Arkham Intelligence, dompet bitcoin milik pemerintah Jerman mencapai saldo nol pada Jumat sore. Arkham Intelligence melaporkan melalui platform media sosial X bahwa Jerman telah mengirim bitcoin senilai 223,81 juta Dolar AS (sekitar Rp3,6 triliun) ke bursa Kraken.

Sebelumnya, pada hari Jumat, dompet bitcoin milik Jerman juga mentransfer aset ke dompet yang terkait dengan Bitstamp, Coinbase, Kraken, B2C2 Group, Cumberland DRW, dan sebuah alamat layanan OTC yang tidak berlabel, sesuai dengan data dari Arkham Intelligence.

BACA JUGA:


Serangkaian transfer bitcoin ini terkait dengan rencana pemerintah Jerman untuk menjual 50.000 bitcoin yang disita awal tahun ini dari situs pembajakan film yang kini sudah tidak beroperasi, Movie2K. Ketika Jerman menyita 50.000 bitcoin tersebut, nilainya diperkirakan lebih dari 2 miliar Dolar AS (sekitar Rp32,3 triliun).

Pada bulan lalu, Jerman mulai melaksanakan serangkaian transfer bitcoin secara bertahap ke berbagai bursa. Namun, setidaknya satu anggota parlemen Jerman tidak setuju dengan rencana penjualan bitcoin hasil sitaan ini.

Penjualan bitcoin oleh pemerintah Jerman menandai langkah signifikan dalam pengelolaan aset kripto yang disita dari aktivitas ilegal. Langkah ini juga mencerminkan peningkatan perhatian dan tindakan pemerintah terhadap penggunaan serta pengawasan mata uang digital di Eropa.