Netizen Tuntut Keadilan #BWFMustBeResponsible Agar Indonesia Ikut All England
Tangkapan layar akun Medsos BWF

Bagikan:

JAKARTA - Netizen Indonesia bersatu dan menyerukan tagar #bwfmustberesponsilble di Twitter. Mereka menuntut keadilan dari federasi bulu tangkis dunia (BWF) setelah tim bulu tangkis Indonesia dipaksa mundur dari turnamen All England 2021.

Tagar #BWFMustBeResponsible bertengger di puncak trending topic Twitter Indonesia dengan lebih dari 34,3 ribu kicauan netizen. Sebagian besar netizen meluapkan kekecewaannya pada BWF.

"Saya sudah menunggu turnamen ini AE, tapi pagi ini saya melihatnya di berita bahwa atlet Indonesia dipaksa WO karena satu pesawat dengan orang yang positif covid 19. Kenapa? Beri tahu kami alasannya!" tulis netizen.

Seperti diketahui, seluruh anggota tim bulu tangkis Indonesia baik atlet, pelatih maupun ofisial terpaksa dikarantina karena protokol kesehatan COVID-19 di Inggris. Setelah satu orang penumpang penumpang pesawat yang ditumpangi timnas Indonesia dinyatakan positif COVID-19.

Netizen juga berpendapat bahwa keputusan tersebut tidak adil. Sebab, atlet Indonesia telah dinyatakan negatif menjelang pertandingan.

"Saya telah menunggu Marcus dan Kevin, tetapi #AllEngland2021 mengecewakan kami. HALO?! INI ALL ENGLAND !! Bukan alasan untuk mengecualikan semua pemain Indonesia karena mereka telah dites negatif! #BWFMustBeResponsible," tulis netizen.

Kasus COVID-19 sempat muncul satu hari menjelang pelaksanaan All England digelar dan menyebabkan laga pembuka turnamen harus tertunda. Beberapa atlet dan pelatih dari India, Thailand, dan Denmark kedapatan positif COVID-19.

BWF pun langsung melakukan tes ulang kepada para atlet dan pelatih tersebut. Tim yang hasil tesnya dinyatakan negatif pun diizinkan tampil.

"Tolong, yang dites positif, sehari setelahnya negatif, kemudian diberi izin untuk melanjutkan kompetisi. Dan SEMUA PEMAIN INDONESIA DITES NEGATIF ... Kenapa ga ditunda aja, kenapa dipaksa WO?" kicau netizen lainnya.

Adapun beberapa wakil Indonesia sudah sempat bertanding di putaran pertama All England 2021. Marcus/Kevin, Hendra/Ahsan, dan Jonatan Christie berhasil melaju ke babak 16 besar.