Bagikan:

JAKARTA - NASA kembali menunda kepulangan pesawat Boeing, Starliner, dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan kru astronot pertamanya untuk memberikan lebih banyak waktu guna meninjau masalah teknis yang dihadapi. Hal ini  diumumkan oleh badan antariksa tersebut pada  Jumat, 21 Juni.

NASA belum menetapkan tanggal baru, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang waktu kepulangan dua astronot dalam misi berawak pertama Boeing yang awalnya dijadwalkan pada 26 Juni, setelah sebelumnya ditunda dari tanggal potensial pertama pada 14 Juni.

"Manajer misi sedang mengevaluasi peluang kepulangan di masa depan setelah dua aktivitas luar angkasa yang direncanakan di stasiun pada 24 Juni dan 2 Juli," kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Astronot Amerika Serikat, Butch Wilmore dan Suni Williams, meluncur pada 5 Juni sebagai demonstrasi akhir untuk mendapatkan sertifikasi penerbangan rutin dari NASA.

"Kami mengambil waktu kami dan mengikuti proses tim manajemen misi standar kami," kata Steve Stich, manajer program kru komersial NASA. "Starliner berkinerja baik di orbit saat merapat ke stasiun luar angkasa," tambahnya, dengan menyebut bahwa waktu tambahan tersebut akan memberikan "wawasan berharga" ke dalam peningkatan sistem untuk misi masa depan.

Uji coba berawak pesawat ruang angkasa ini, yang telah diuji terbang ke luar angkasa dua kali sejak 2019 tanpa manusia di dalamnya, telah mengalami lima kegagalan dari 28 pendorong manuvernya, lima kebocoran gas helium yang digunakan untuk menekan pendorong tersebut, dan katup propelan yang bergerak lambat yang menandakan masalah yang belum terselesaikan di masa lalu.

Masalah-masalah ini dan uji coba tambahan yang dijalankan oleh NASA dan Boeing menimbulkan pertanyaan tentang kapan tepatnya kru Starliner akan dapat melakukan perjalanan kembali ke Bumi yang memakan waktu sekitar enam jam, dan menambah masalah program yang lebih luas.

Boeing telah menghabiskan  1,5 miliar dolar AS (Rp24,7 triliun) dalam biaya tambahan di luar kontrak pengembangan NASA senilai  4,5 miliar dolar AS (Rp74,1 triliun). NASA ingin Starliner menjadi pesawat ruang angkasa kedua AS yang mampu mengangkut astronot ke ISS, di samping Crew Dragon dari SpaceX, yang menjadi wahana utama sejak 2020.

Namun, program Starliner Boeing telah menghadapi masalah perangkat lunak, desain, dan sengketa subkontraktor selama bertahun-tahun. Ketika Starliner tiba di sekitar stasiun luar angkasa untuk merapat pada 6 Juni, lima kegagalan pendorong mencegah pendekatan dekat oleh pesawat ruang angkasa hingga Boeing melakukan perbaikan. Boeing menulis ulang perangkat lunak dan menyesuaikan beberapa prosedur untuk menghidupkan kembali empat dari mereka dan melanjutkan dengan perapatan.

Proses pelepasan Starliner dari ISS dan kembalinya ke Bumi merupakan fase paling rumit dari misi uji coba ini. Pejabat NASA telah mengatakan bahwa mereka ingin lebih memahami penyebab kegagalan pendorong, masalah katup, dan kebocoran helium sebelum Starliner memulai kepulangannya.

Meskipun hanya satu pendorong yang tetap mati dalam penerbangan Starliner saat ini, Boeing mengalami empat masalah pendorong selama kapsul tersebut kembali tanpa awak dari luar angkasa pada 2022. Aturan penerbangan yang ditetapkan oleh Boeing dan NASA mengharuskan pendorong manuver Starliner untuk memungkinkan "enam derajat kebebasan kontrol," setidaknya, dan masing-masing memiliki satu pendorong cadangan, kata juru bicara NASA. Ini berarti setidaknya 12 dari 28 pendorong, sebagian besar cadangan, diperlukan untuk penerbangan yang aman.