Bagikan:

JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) melanjutkan kerja sama strategis jangka panjangnya denga Google Cloud untuk mempercepat transformasi Indosat dari Telco menjadi AI Native TechCo. 

“Kolaborasi kami dengan Google Cloud bukan hanya menjadi tonggak penting bagi Indosat, tetapi juga sebagai langkah signifikan dalam misi kami untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo,” ujar Vikram Sinha, Presiden Direktur and CEO Indosat Ooredoo Hutchison dalam pernyataannya pada Jumat, 14 Juni. 

Kolaborasi ini akan menggabungkan jaringan, operasional, serta dataset pelanggan Indosat dengan AI stack milik Google Cloud untuk memberikan pengalaman mengesankan ke pelanggan, serta solusi AI generatif (GenAI) untuk seluruh lini bisnisnya. 

Adapun beberapa inisiasi kolaborasi yabg dihasilkan dari kerja sama ini adalah untuk memodernisasi layanan pelanggan, pembuatan konten dinamis dan hiperpersonalisasi, analitik geospasial dan pemodelan prediktif, operasi jaringan TI yang ditingkatkan, serta transformasi back office perusahaan. 

Selain mengimplementasikan solusi-solusi tersebut pada operasi bisnisnya, Indosat dan Google Cloud juga akan mengeksplorasi inisiatif go-to-market bersama untuk memberdayakan ekosistem digital Indonesia.

“Inisiatif ini tidak hanya akan menunjukkan kekuatan transformasional AI dalam telekomunikasi, tetapi juga menjadi cetak biru bagi sektor lain yang ingin memanfaatkan teknologi ini untuk mendorong pertumbuhan dan dampak nasional,” pungkas Karan Bajwa,  Vice President, Asia Pasifik, Google Cloud.