Bagikan:

JAKARTA – Apple meluncurkan cara baru dalam menggunakan Apple Pay di browser dan perangkat selain buatan Apple. Melalui pembaruan iOS 18, pengguna bisa membayar dengan Apple Pay di berbagai jenis browser.

Dalam video singkat untuk para pengembang, yang dirilis saat Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 digelar, Apple mengatakan bahwa perusahaannya telah meningkatkan kemampuan Apple Pay dan metode pembayaran di iOS 18.

Dengan peningkatan ini, pengguna bisa membayar berbagai macam transaksi di browser selain Safari, baik itu Chrome, Firefox, atau browser lainnya. Kemampuan baru ini sangat berguna bagi pengguna iPhone yang tidak menggunakan Mac.

Tanya Al-Rehani selaku Pengembang Wallet dan Apple Pay menjelaskan bahwa, "Pengguna iOS 18 dapat menggunakan Apple Pay di berbagai macam browser non-Safari hanya dengan memindai kode  iPhone mereka untuk menyelesaikan pembayaran."

Tanya memberikan sedikit gambaran tentang penggunaan Apple Pay di browser dan perangkat lain. Dari contoh yang dibagikan, terlihat bahwa Tanya menggunakan browser buatan pengembang lain dan memakai perangkat selain Mac.

Ketika ingin melakukan pembayaran, pengguna bisa memilih opsi Apple Pay dan mengeklik tombol pembayarannya hingga kode khusus muncul di layar. Setelah itu, pengguna hanya perlu memindai kode dan menunggu hingga transaksi berhasil dilakukan.

Hingga saat ini, pembayaran Apple Pay hanya tersedia di Safari dan Mac. Meski kemampuan baru ini akan diluncurkan di pembaruan iOS 18, Apple Pay akan bergantung dengan browser dan perangkat selain Apple yang kompatibel.