Bagikan:

JAKARTA - Komisi Eropa telah meminta platform internet Pornhub, Xvideos, dan Stripchat untuk menjelaskan langkah-langkah apa yang mereka ambil untuk melindungi anak-anak dan mencegah penyebaran konten ilegal secara online.

"Mereka harus memberikan informasi rinci tentang langkah-langkah yang telah mereka lakukan untuk menilai dan mengurangi risiko bagi anak-anak secara online serta mencegah amplifikasi konten ilegal dan kekerasan berbasis gender pada tanggal 4 Juli," kata Komisi pada Kamis, 13 Juni.

"Komisi juga meminta rincian tentang mekanisme penjaminan usia yang diadopsi oleh platform pornografi ini," tambahnya.

Uni Eropa tahun lalu menambahkan tiga perusahaan konten dewasa ini ke dalam daftar perusahaan yang harus tunduk pada peraturan ketat di bawah aturan konten online baru.

Aturan di bawah Digital Services Act (DSA) mengharuskan perusahaan untuk berbagi data dengan otoritas dan peneliti, melakukan manajemen risiko, dan menjalani audit eksternal serta independen. Mereka juga memungkinkan Komisi untuk memberlakukan denda atas informasi yang tidak benar, tidak lengkap, atau menyesatkan dalam menanggapi permintaan informasi.