Bagikan:

JAKARTA - Google Cloud mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan perusahaan kendaraan listrik roda dua ALVA, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, loyalitas, dan permintaan terhadap kendaraan mereka. 

Dengan kolaborasi ini, ALVA akan memanfaatkan keahlian Google Cloud guna mendorong inovasi pada empat pilar utama yaitu memajukan upaya R&D, meningkatkan tim customer service dengan insights pelanggan yang dipersonalisasi, meningkatkan produktivitas staf penjualan, dan meningkatkan upaya pemasaran melalui pembuatan konten yang relevan. 

“Teknologi data cloud dan AI dari Google Cloud membantu kami mendapatkan insights berbasis data, yang pada akhirnya mempercepat adopsi dan permintaan terhadap kendaraan listrik,” kata Purbaja Pantja, CEO, ALVA dalam blog resmi Google, Senin, 30 September. 

Nantinya, ALVA akan mengintegrasikan berbagai sumber data mereka, mulai dari sistem ERP hingga sensor IoT, ke dalam satu platform data terpadu menggunakan Google Cloud BigQuery. 

ALVA juga akan mengintegrasikan platform datanya dengan Vertex AI untuk menganalisis data dan mendapatkan insights berharga guna meningkatkan R&D, pengalaman pelanggan, dan pemasaran.  

Dengan demikian, solusi Google Cloud akan memungkinkan tim Business Intelligence ALVA mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengakses data secara signifikan, dari 80 persen menjadi sekitar 25 persen. 

“Kolaborasi kami dengan ALVA menggambarkan bagaimana analisis data dan AI terdepan dapat membantu bisnis tetap unggul dalam menghadapi gangguan. Kami bangga dapat berkontribusi mempercepat transisi Indonesia untuk mengurangi emisi,” pungkas Fanly Tanto, Country Director, Google Cloud Indonesia.