Cara Mengurangi Penyimpanan Penuh di iPhone
Penyimpanan di iPhone (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA – Penyimpanan penuh merupakan salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para pengguna ponsel, tak terkecuali pengguna iPhone. Hal ini mungkin terjadi karena data yang tersimpan terlalu banyak.

Jika Anda tidak mau menggunakan SD Card untuk menambah ruang penyimpanan, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi penyimpanan dengan cepat. Berikut ini cara mengosongkan ruang penyimpanan, dikutip dari Makeuseof.

Bongkar atau Hapus Aplikasi

Salah satu faktor penyimpanan mudah penuh adalah aplikasi yang terlalu banyak. Terkadang, pengguna iPhone tidak menyadari bahwa aplikasi yang tidak begitu berguna ternyata menghabiskan banyak ruang di penyimpanan internal.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membongkar atau menghapus aplikasi. Buka Pengaturan iPhone Anda, kemudian buka Umum dan Penyimpanan iPhone. Saat daftar aplikasi terlihat, klik aplikasi yang Anda ingin singkirkan.

Masing-masing aplikasi akan memiliki dua opsi. Jika Anda menghapus aplikasi dan datanya sekaligus, klik Hapus Aplikasi di bagian bawah. Kalau Anda ingin menyimpan data pribadi dari aplikasinya, klik Bongkar Aplikasi.

Hapus Foto dan Video Lama

Cara berikutnya, yang mungkin sudah Anda coba, adalah menghapus berbagai foto dan video yang sudah lama menetap di perangkat Anda. Meski menghapus foto dan video membutuhkan waktu yang cukup lama karena perlu dipilah, cara ini sangat efektif.

Jika Anda terlalu malas untuk menghapus satu per satu foto dan video, Anda bisa memindahkan datanya ke layanan cloud, seperti Google Drive dan iCloud. Setelah foto dan videonya dipindahkan, Anda bisa menghapusnya dari ruang penyimpanan.

Hindari Penggunaan Foto HDR

Meski Anda sudah mengosongkan foto dan video dari penyimpanan internal, memori Anda bisa kembali penuh hanya karena memotret atau merekam menggunakan format High Dynamic Range (HDR). Format ini akan memakan ruang penyimpanan Anda.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus menonaktifkan fiturnya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Pengaturan, ketuk Kamera, lalu ketuk Rekam Video. Setelah itu, cari menu HDR Video dan matikan toggle button di sampingnya.