Samsung Akan Beralih ke Model Laci Aplikasi Vertikal
 Tampilan layar utama Samsung Galaxy (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Hampir seluruh perangkat Android telah mengubah tampilan dari laci aplikasi. Sekarang, banyak perangkat yang menggunakan mode bergulir secara vertikal di laci aplikasi, tetapi tidak dengan Samsung.

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu masih mempertahankan laci aplikasi yang bergulir dari kanan kiri. Namun, sepertinya tampilan laci aplikasi ini akan berubah setelah Samsung meluncurkan One UI 7 yang membawa Android 15.

Selama beberapa tahun, Samsung mempertahankan modul Good Lock dengan sebutan Home Up yang bisa mengubah tata letak laci aplikasi menjadi vertikal. Belum lama ini, modul tersebut dihapus hingga tata letak laci aplikasi kembali ke mode default.

Banyak pengguna Galaxy yang tidak suka dengan perubahan ini sehingga mereka meninggalkan ulasan negatif di daftar modul Galaxy Store. Saat ada yang menyinggung model laci aplikasi vertikal di Komunitas Samsung, tim Good Lock memberikan tanggapan.

Pada Rabu, 17 April lalu, tim Good Lock mengatakan bahwa model laci aplikasi vertikal memang sengaja dihapus. "Perlu diketahui bahwa fungsi daftar vertikal Home Up saat ini sedang dipersiapkan untuk dukungan di versi OS berikutnya."

Samsung tidak menjelaskan OS apa yang akan menyertakan perubahan model laci aplikasi. Kemungkinan besar, perubahan ini akan ditambahkan ke One UI 7 karena SamMobile telah mendapatkan informasi langsung dari pihak yang cukup penting di Good Lock.

One UI 7 diperkirakan akan rilis pada kuartal ketiga tahun 2024 saat Android 15 diluncurkan ke publik. Untuk membuktikan apakah model laci aplikasi vertikal akan ditambahkan ke One UI 7, kita harus menunggu hingga sistemnya dirilis.