Bagikan:

JAKARTA - Platform X telah memperingati penggunanya yang mungkin akan kehilangan beberapa pengikut mereka, karena perusahaan kini sedang membersihkan spam dan bot di platformnya. 

“Hari ini, kami memulai inisiatif proaktif dan signifikan untuk menghilangkan akun yang melanggar Peraturan kami mengenai manipulasi platform dan spam,” tulis X dalam postingannya. 

Perusahaan juga menambahkan, “Meskipun kami mengincar keakuratan dalam akun yang kami hapus, kami menerapkan jaring yang luas untuk memastikan X tetap aman dan bebas dari bot. Akibatnya, Anda mungkin mengamati perubahan jumlah pengikut.”

Inisiatif ini dilakukan tidak lama setelah X mengumumkan penunjukan dua pemimpin baru ke tim keselamatannya, yaitu Kylie McRoberts dan Yale Cohen. 

Kylie McRoberts merupakan karyawan X yang sekarang menjadi Kepala Keselamatan, sedangkan Yale Cohen, sebelumnya berasal dari Publicis Media, yang bergabung sebagai Kepala Keamanan Merek dan Solusi Pengiklan. 

Penghapusan spam merupakan visi dari Elon Musk. Di mana dia mengatakan kepada karyawannya pada bulan November 2022 bahwa dia bertujuan untuk menjadikan pemberantasan spam sebagai prioritas di masa mendatang di platformnya. 

Di sisi lain, secara mengejutkan, beberapa pengguna X kembali mendapatkan centang biru secara gratis. Awalnya, banyak pengguna yang bingung dengan centang biru di akun mereka. Namun, Musk telah menjawab kebingungan mereka. 

“Setiap akun dengan lebih dari 2.500 pengikut terverifikasi (pelanggan Premium atau Premium+) akan mendapatkan fitur Premium secara gratis dan akun dengan lebih dari 5.000 (pengikut) akan mendapatkan Premium+ secara gratis," jelas Musk melalui akunnya.