Soal Nama Mahfud Sempat Hilang di Laman X, Ini Keterangan Dirjen Aptika Kominfo
Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, pengguna platform X dihebohkan dengan nama Mahfud sempat tidak bisa ditemukan di tab pencarian X. Mengenai isu ini, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Samuel Abrajani Pangerapan mengaku telah menghubungi X.

Menurut pengakuan yang diberikan X kepada Kominfo, platform media sosial milik Elon Musk itu mengaku menemukan bot yang menggunakan nama Mahfud untuk spam. Sehingga mereka melakukan pembersihan pencarian.

"Saya sudah kontak ke X. Jadi keyword Mahfud itu ada banyak. Tapi per sebelum jam 9 sudah muncul (pencarian Mahfud). X sudah bilang sudah menemukan bot spamming, tulisannya tidak layak, jadi sama X dibersihin dulu," ungkap Sammy kepada media pada Jumat, 26 Januari di kantor Kementerian Kominfo Jakarta.

Kendati demikian, Sammy mengaku tidak mengetahui darimana bot tersebut muncul. "Jam 8.30 telepon, dan mereka lagi recovery. Saya nggak tau, mereka (X) tidak melaporkan (asal dari bot itu)," lanjut Sammy menambahkan.

Namun, Sammy menyebutkan bahwa kejadian ini cukup mengganggu jagat dunia maya, karena seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia sedang memasuki masa kampanye Pemilu 2024.

"Tapi ya cukup mengganggu ya, karena ini memang lagi musimnya kampanye, curiga-curigaan, ini memang tadi pagi saya baru dapat, jam 7 saya dapat kabarnya. Saya lihat di WA (Whatsapp) saya, langsung saya telpon ke X nya dan direspon mereka sudah sebenarnya kemarin malam mereka dapat laporannya," tambahnya.

Sebelumnya, ketika pengguna mencari nama Mahfud di kolom "Latest" pencarian X, Anda akan menemukan tulisan "Tidak ada hasil untuk Mahfud". Tapi sekarang, menurut pantauan VOI, pencarian nama Mahfud sudah bisa kembali dicari di X.

Terkait