Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menunjuk Hokky Situngkir sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo yang baru, menggantikan posisi Semuel Abrijani Pangerapan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Usman Kansong juga telah mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. 

“Betul (penunjukan Hokky Situngkir sebagai Dirjen Aptika KemKominfo yang baru),” kata Usman ketika dikonfirmasi oleh VOI pada Jumat, 19 Juli. 

Sebelumnya, Semuel atau yang akrab disapa Semmy mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Dirjen Aptika pada 4 Juli, imbas insiden ransomware yang menyerang Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. 

Saat itu, Semmy mengatakan bahwa pengunduran dirinya ini merupakan sebuah bentuk tanggung jawab moral dirinya sebagai Dirjen pengampu dalam proses transformasi pemerintahan. 

“Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral, dan saya menyatakan ini harusnya selesai di saya. Karena ini adalah masalah yang seharusnya saya tangani dengan baik,” kata Usman saat itu. 

Sebelum resmi melantik Hokky sebagai Dirjen Aptika, Menkominfo Budi Arie Setiadi sudah menunjuk Ismail sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Aptika.