Bagikan:

JAKARTA - Semuel Abrijani Pangerapan telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Kamis, 4 Juli. 

Setelah keputusan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi resmi menunjuk Ismail sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Aptika yang baru, menggantikan posisi Semmy. 

Dalam sebuah surat yang diterima media, Menkominfo Budi telah memberikan amanah ini kepada Ismail. Dengan keputusan ini, Ismail yang merupakan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) kini merangkap sebagai Plt. Dirjen Aptika Kominfo. 

Penunjukan Ismail sebagai Plt. Dirjen Aptika ini kemudian juga dibenarkan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong. 

“Benar, kemarin,” kata Usman kepada VOI ketika dikonfirmasi pada Jumat, 5 Juli sekaligus menjawab bahwa jabatan baru Ismail ini mulai efektif per tanggal 4 Juli 2024.

Sementara itu, ketika ditemui media pada waktu yang sama di tempat berbeda, Ismail belum bisa memberikan komentar apapun terkait tugas barunya sebagai Plt. Dirjen Aptika. 

“Baru sehari belum bisa jawab apa-apa. Nggak dilantik-lantik cuman Plt doang merangkap,” ujar Ismail. 

Sementara itu, pengunduran Semmy dari Dirjen Aptika Kominfo ini menjadi bentuk tanggung jawab moralnya, imbas serangan ransomware yang terjadi terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).