Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengevaluasi kinerja Menkominfo Budi Arie Setiadi imbas diretasnya sistem Pusat Data Nasional (PDN).

“Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden. Jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal ya mungkin bisa dievaluasi oleh presiden,” ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 Juli.

Diketahui, masyarakat mendesak Budi Arie mundur dari jabatan setelah server PDN down. Masyarakat yang kecewa dengan kinerja Budi Arie bahkan menandatangani petisi agar Ketum Relawan Pro Jokowi (Projo) itu mundur.

Puan juga mengomentari mundurnya Semuel Abrijani Pangerapan sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo.

Menurut Puan, mundurnya Semuel sebagai pertanggung jawaban dirinya setelah server PDN diserang kelompok Brain Cipher Ransomware.

"Pihak-pihak yang kemudian merasa lalai atau kemudian bertanggung jawab ya sebaiknya bisa mengevaluasi diri," kata Puan.

Puan mengingatkan, masalah PDN sudah dibahas di Komisi I DPR. Sehingga tindaklanjut masalah tersebut bisa secara dievaluasi.

"Ini kan memang satu hal yang harusnya tidak terjadi seperti ini. Jadi secara konkret dievaluasi kemudian tindak lanjutnya seperti apa," kata politikus PDIP itu.