Bagikan:

 

JAKARTA – Bluetooth merupakan fitur koneks yang ada di seluruh ponsel Android. Pengguna memiliki kendali penuh atas fitur ini. Namun, seperti nya kendali ini akan dihilangkan saat Google meluncurkan Android 15.

Berdasarkan temuan Android Authoritystring build di dalam Android 15 menunjukkan bahwa Bluetooth akan dihidupkan secara otomatis sehari setelah fiturnya dimatikan. String-nya bertuliskan, "Aktifkan Lagi Secara Otomatis Besok."

Selain mengubah sistem dari fiturnya, ada dua string lainnya untuk fitur Bluetooth. Dua string ini menjelaskan fungsi yang sama, yaitu Bluetooth sebagai penghubung antarperangkat melalui fitur terkait. Hanya saja, string name-nya berbeda.

"Saat Bluetooth aktif, perangkat Anda dapat berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth terdekat lainnya. Fitur seperti Berbagi Cepat, Temukan Perangkat Saya, dan lokasi perangkat menggunakan Bluetooth."

Kode untuk pembaruan Bluetooth ini telah dikirim ke Android Open Source Project (AOSP) menurut 9to5google. Meski pembaruan ini terlihat string build untuk Android 15, fitur ini ternyata tidak eksklusif untuk sistem operasi tersebut.

Pembaruan ini juga tidak berfungsi di semua perangkat Android. Artinya, Bluetooth yang telah dimatikan tidak akan kembali menyala di beberapa perangkat. Ini mungkin menjadi hal yang positif bagi beberapa pengguna.

Tidak diketahui mengapa Google meluncurkan fitur otomatis untuk Bluetooth. Namun, sebagian pengguna Android mungkin tidak menyukai pembaruan ini karena Bluetooth yang terus menyala bisa menguras baterai ponsel mereka.